Pemberdayaan Sekolah Islam untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.21580/jid.v39.1.4421Keywords:
Pengembangan keprofesian berkelanjutan, program kemitraan masyarakat, pemberdayaan masyarakatAbstract
Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengukur dampak pemberian perlakuan pemberdayaan sekolah Islam melalui pemberian motivasi guru dalam melaksanakan program pengembangan keprofesian berkelanjutan, peningkatkan kualitas dan kuantitas program pengembangan keprofesian berkelanjutan, peningkatkan kualitas dan kuantitas karya khususnya karya pengembangan penelitian tindakan kelas hingga berbentuk pelaporan hasil, peningkatan kemampuan pemilihan kesesuaian metode statistik dalam evaluasi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan komputer. Tujuan tesebut diselesaikan menggunakan metode workshop dengan teknik presentasi materi dilanjutkan dengan diskusi, teknik klinik, dan pendampingan. Guru yang menjadi mitra berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdatul Ulama (NU) Ungaran Kabupaten Semarang yang dilaksanakan pada tahun 2018. Hasil capaian dari kegiatan program kemitraan masyarakat bagi guru SMK NU Ungaran tercermin dari para guru memiliki tren persepsi positif tentang jenjang karir guru, program keprofesian berkelanjutan, serta memahami lebih lanjut tentang penelitian tindakan kelas dan evaluasi pembelajaran.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang dalam Angka 2016. Semarang. Badan Pusat Statistik.
Bryer, Jason dan Kimberly Speerschneider. 2016. likert: Analysis and Visualization Likert Items, University Albany, USA, https://CRAN.R-project.org/package=likert.
Karim, A., & S, I. J. (2018). Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional bagi Guru SD Muhammadiyah 8 Dan SD Islam Nu Pungkuran Kota Semarang melalui Workshop, Klinik, Dan Pendampingan. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 0. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3319
Lüdecke, D. 2019. Data Visualization for Statistics in Social Science. https://CRAN.R-project.org/package=sjPlot.
Lüdecke D. 2018. sjmisc: Data and Variable Transformation Functions. Journal of Open Source Software, 3(26), 754. doi: 10.21105/joss.00754. https://cran.r-project.org/web/packages/sjmisc.
Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Revelle, W. 2018. psych: Procedures for Personality and Psychological Research, Northwestern University, Evanston, Illinois, USA, https://CRAN.R-project.org/package=psych Version = 1.8.12 .
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wasono, R., Karim, A., Darsyah, M. Y., & Suwardi. (2019). Budgeting school operational assistance in Central Java using three spatial process modelling. Journal of Physics: Conference Series, 1217(1), 012112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1217/1/012112
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).