Reformulasi Metode Dakwah bi al-Lu’bah sebagai Trauma Healing pada Anak Korban Bencana Alam

Authors

  • Moh Erfan Soebahar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
  • Abdul Ghoni Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/jid.v39.2.4571

Keywords:

Dakwah bi al lu’bah, permainan, trauma healing

Abstract

The use of the da'wah bi al lu'bah method can be implemented for children affected by natural disasters. The formulation of the da'wah method can be done by combining the da'wah method with the trauma healing technique. This research was conducted with a literary approach and supported by trauma healing activities at the 2006 earthquake site, namely Klaten District - Central Java and Sleman District - Yogyakarta. In fact researchers did not find the practice of da'wah at these two earthquake locations. The results of the study reveal the formulation of bi al lu'bah propaganda can be done in three ways, namely First, infiltration of propaganda material in the existing game. Infiltrate (infiltration) in the game commonly done by mad'u. Second, making da'wah games, can be done in various ways understood by mad'u children. Third, make poetry about propaganda material through popular songs that can be easily remembered.


Penggunaan metode dakwah bi al lu’bah dapat dilaksanakan untuk anak-anak korban bencana alam. Formulasi metode dakwah ini dapat dilakukan dengan penggabungan antara metode dakwah dengan teknik trauma healing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan literer dan didukung dengan kegiatan trauma healing di lokasi gempa tahun 2006, yaitu Kabupaten Klaten – Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman – Yogyakarta. Kenyataannya peneliti tidak menemukan praktik dakwah di dua lokasi gempa ini. Hasil penelitian mengungkapkan formulasi dakwah bi al- lu’bah dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu Pertama, penyusupan materi dakwah pada permainan yang ada.  Menyusupkan (infiltrasi) pada permainan yang lazim dilakukan oleh mad’u. Kedua, membuat permainan dakwah, Membuat permainan dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang dipahami oleh mad’u anak. Ketiga, membuat syair tentang materi dakwah melalui lagu-lagu populer yang dapat mudah diingat.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, Hafi., Pemahaman dan Pengalaman Dakwah. Surabaya: Al-Ikhlas, 1993

Arifin, Anwar ,Dakwah Sebagai Gejala Sosial, Ujung Pandang: Yayasan Ikhtiar, 1996

az-Zaid, Zaid Abdul Karim, Dakwah bil Hikmah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993

Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos, 1997

Badan Pengembangan dan pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010

Chomaria, Nurul, Pendidikan Karakter Untuk Anak, Solo: Aqwan, 2012

Dahlan, H.A.A dkk (ed), Terjemah Hadits Mengenai Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW, Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, 1995

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990

Durand dan Barlow, Psikologis Abnormal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006

Ghoni, Abdul, Efektivitas Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Dalam Mencegah Kekerasanterhadap Anak Di Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah, Semarang: Laporan Penelitian DIPA UIN Walisongo, 2017

Handoko, T. Hani, Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 2000

https//id.m.wikipedia.org diakses tanggal 18 september 2018

https:// dosenpsikologi.com/terapi-aktivitas-kelompok, diakses pada tanggal 26 Agustus 2019

https://bincangsyariah.com/kalam/tafsir-apa beda-kata-laibun-dan-lahwun-dalam al qul’an.

Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (terj), Jakarta: Erlangga, 1999

Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, Jilid 1 Edisi 3, 2009

Kusumaningrum, Nirmala Ika dkk., Bahan Bacaan Pelatihan Penguatan dan Pemulihan Psikososial Untuk pendamping HAM, Jakarta: Yayasan Pulih, 2015

Mendato, Acmanto, Pemulihan Trauma: Strategi Penyembuhan Trauma Untuk Diri Sendiri, Anak, Orang Lain di Sekitar Anda, Yogyakarta: Panduan , 2010

Muriah, Siti, Metodologi Dakwah Kontemporer, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000

Muslichatun, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Normalasari, Swastika Ayu, Terapi Trauma Anak Untuk Mengurangi Simpton Gangguan Stress Pasca Trauma, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press, 2009

Nottingham, Elizabeth K, Agama dan Masyarakat: Suatu Pengantar Sosiologi Agama, Jakarta: Rajawali, 1995.

Patilima, Hamid dkk, Pedoman Standar Layanan Kesiapan Keluarga Hadapi Bencana, Jakarta: Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2017

Piaget, Jean dan Barbel Inhelder , The Psychology of The Child, (terj), Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Siswanto, H.B. , Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Slegel, Daniel J., Healing Trauma: Attachment Mind and Brain, New York: WWW Norton & Company, 2003

Sulthon, Muhammad, Dakwah dan Sadaqat: Rekonseptualisasi dan Rekonstruksi Gerakan Dakwah Awal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015

Undang-undang No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Jakarta: Visimedia, 2007

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997

Widyastuti, Citra dkk, Play Therapy Sebagai Bentuk Penanganan Konseling Trauma Healing Pada Anak Usia Dini, Yogyakarta: Jurnal Hisbah, Vol 16, No.1 2019

Yusriyah, The Reconsctruction of Islamic Theology in the Unity of Sciencies, Semarang: Jurnal Walisongo, Vol 23 No 2, 2015

Zainu, Muhammad bin Jamil, Kaifa Nurabbi Auladana, Mesir: Maktabah al-huda, 2002

Zakaria, Bakar al-Da’wah ila al-Islam, Mesir: Dâr al-’Urulah, tt.

Downloads

Published

2019-12-05

Issue

Section

Articles