Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang - Indonesia
Reformulasi Metode Dakwah bi al-Lu’bah sebagai Trauma Healing pada Anak Korban Bencana Alam
The use of the da'wah bi al lu'bah method can be implemented for children affected by natural disasters. The formulation of the da'wah method can be done by combining the da'wah method with the trauma healing technique. This research was conducted with a literary approach and supported by trauma healing activities at the 2006 earthquake site, namely Klaten District - Central Java and Sleman District - Yogyakarta. In fact researchers did not find the practice of da'wah at these two earthquake locations. The results of the study reveal the formulation of bi al lu'bah propaganda can be done in three ways, namely First, infiltration of propaganda material in the existing game. Infiltrate (infiltration) in the game commonly done by mad'u. Second, making da'wah games, can be done in various ways understood by mad'u children. Third, make poetry about propaganda material through popular songs that can be easily remembered.
Penggunaan metode dakwah bi al lu’bah dapat dilaksanakan untuk anak-anak korban bencana alam. Formulasi metode dakwah ini dapat dilakukan dengan penggabungan antara metode dakwah dengan teknik trauma healing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan literer dan didukung dengan kegiatan trauma healing di lokasi gempa tahun 2006, yaitu Kabupaten Klaten – Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman – Yogyakarta. Kenyataannya peneliti tidak menemukan praktik dakwah di dua lokasi gempa ini. Hasil penelitian mengungkapkan formulasi dakwah bi al- lu’bah dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu Pertama, penyusupan materi dakwah pada permainan yang ada. Menyusupkan (infiltrasi) pada permainan yang lazim dilakukan oleh mad’u. Kedua, membuat permainan dakwah, Membuat permainan dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang dipahami oleh mad’u anak. Ketiga, membuat syair tentang materi dakwah melalui lagu-lagu populer yang dapat mudah diingat.
Keywords: Dakwah bi al lu’bah, permainan, trauma healing
- Anshari, Hafi., Pemahaman dan Pengalaman Dakwah. Surabaya: Al-Ikhlas, 1993
- Arifin, Anwar ,Dakwah Sebagai Gejala Sosial, Ujung Pandang: Yayasan Ikhtiar, 1996
- az-Zaid, Zaid Abdul Karim, Dakwah bil Hikmah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993
- Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos, 1997
- Badan Pengembangan dan pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010
- Chomaria, Nurul, Pendidikan Karakter Untuk Anak, Solo: Aqwan, 2012
- Dahlan, H.A.A dkk (ed), Terjemah Hadits Mengenai Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW, Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, 1995
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990
- Durand dan Barlow, Psikologis Abnormal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
- Ghoni, Abdul, Efektivitas Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Dalam Mencegah Kekerasanterhadap Anak Di Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah, Semarang: Laporan Penelitian DIPA UIN Walisongo, 2017
- Handoko, T. Hani, Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 2000
- https//id.m.wikipedia.org diakses tanggal 18 september 2018
- https:// dosenpsikologi.com/terapi-aktivitas-kelompok, diakses pada tanggal 26 Agustus 2019
- https://bincangsyariah.com/kalam/tafsir-apa beda-kata-laibun-dan-lahwun-dalam al qul’an.
- Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (terj), Jakarta: Erlangga, 1999
- Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, Jilid 1 Edisi 3, 2009
- Kusumaningrum, Nirmala Ika dkk., Bahan Bacaan Pelatihan Penguatan dan Pemulihan Psikososial Untuk pendamping HAM, Jakarta: Yayasan Pulih, 2015
- Mendato, Acmanto, Pemulihan Trauma: Strategi Penyembuhan Trauma Untuk Diri Sendiri, Anak, Orang Lain di Sekitar Anda, Yogyakarta: Panduan , 2010
- Muriah, Siti, Metodologi Dakwah Kontemporer, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000
- Muslichatun, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
- Normalasari, Swastika Ayu, Terapi Trauma Anak Untuk Mengurangi Simpton Gangguan Stress Pasca Trauma, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press, 2009
- Nottingham, Elizabeth K, Agama dan Masyarakat: Suatu Pengantar Sosiologi Agama, Jakarta: Rajawali, 1995.
- Patilima, Hamid dkk, Pedoman Standar Layanan Kesiapan Keluarga Hadapi Bencana, Jakarta: Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2017
- Piaget, Jean dan Barbel Inhelder , The Psychology of The Child, (terj), Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010
- Siswanto, H.B. , Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
- Slegel, Daniel J., Healing Trauma: Attachment Mind and Brain, New York: WWW Norton & Company, 2003
- Sulthon, Muhammad, Dakwah dan Sadaqat: Rekonseptualisasi dan Rekonstruksi Gerakan Dakwah Awal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
- Undang-undang No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Jakarta: Visimedia, 2007
- W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997
- Widyastuti, Citra dkk, Play Therapy Sebagai Bentuk Penanganan Konseling Trauma Healing Pada Anak Usia Dini, Yogyakarta: Jurnal Hisbah, Vol 16, No.1 2019
- Yusriyah, The Reconsctruction of Islamic Theology in the Unity of Sciencies, Semarang: Jurnal Walisongo, Vol 23 No 2, 2015
- Zainu, Muhammad bin Jamil, Kaifa Nurabbi Auladana, Mesir: Maktabah al-huda, 2002
- Zakaria, Bakar al-Da’wah ila al-Islam, Mesir: Dâr al-’Urulah, tt.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.