Pondok Pesantren dan Dakwah Politik: Kajian Histori Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara

Siti Asiyah*  -  Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati, Indonesia
Arif Chasanudin  -  Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati, Indonesia

(*) Corresponding Author

Political Da'wah at the Islamic boarding school (pesantren) is an interesting theme that needs to be discussed. Many people have a perception that Islamic boarding school and Political Da'wah are separated from each other. The purpose of this study was to analyze the efforts of Hasyim Asy'ari Islamic Boarding School in embed political da'wah to students and the role of caregivers in applying political da'wah towards students and the community. This research was conducted with a historical qualitative approach. The results of this study are, Islamic Boarding School Hasyim Asy'ari in an effort to embed Political Da'wah to students by (1) learning about leadership and politics in pesantren, (2) conducting leadership training, (3) applying political culture. In addition, the role of caregivers (pengasuh) in carrying out Political Da'wah to students (santri) is seen in religious teaching by embedding spiritual, moral and social values as a provision for students to face social life. The role of caregivers in carrying out political da'wah to the public is by serving as an official in the government, caregivers are able to provide knowledge to the public about the importance of politics and the political system of the country, the role of government in making policies, and participation in political activities (balanced between rights and obligations as citizens), so that the public is aware of the importance of politics and is able to choose leaders who are competent and trustworthy.

 

Dakwah Politik yang di lakukan di pondok pesantren menjadi tema menarik yang perlu dibahas karena banyak orang memiliki persepsi bahwa pondok pesantren dan dakwah politik memiliki sekat yang tidak mampu disatukan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap upaya Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari dalam penanaman dakwah politik kepada santri serta peran pengasuh dalam menerapkan dakwah politik kepada santri dan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitattif historis. Hasil kajian ini membuktikan bahwa, Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari dalam upaya penanaman dakwah politik kepada santri dengan cara (1) melakukan pembelajaran tentang kepemimpinan dan politik di pesantren, (2) mengadakan pelatihan kepemimpinan, (3) menerapkan budaya politik. Selain itu, peranan pengasuh dalam melakukan dakwah politik kepada santri dapat dilihat dalam mengajarkan pendidikan agama dengan menanamkan nilai-nilai spiritual, moral dan sosial kemasyarakatan sebagai bekal santri dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat. Adapun peranan pegasuh dalam melakukan dakwah politik kepada masyarakat yaitu dengan mengabdikan diri sebagai pejabat di pemerintahan, pengasuh mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya politik dan sistem politik negara, peran pemerintah dalam membuat kebijakan, serta pasrtisipasi dalam kegiatan politik (seimbang antara hak dan kewajiban sebagai warga negara), sehingga masyarakat sadar akan pentingnya politik dan mampu memilih pemimpin yang kompeten dan amanah.

Keywords: pesantren; dakwah politik

  1. Afifuddin & Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.
  2. al Bayanuni, Muhammad, Al Madkhal ilaa ilmi al-Dakwah, Muassasah al risalah, cet. II,
  3. Al-Bahsanawi, Salim, Wawasan Sistem Politik Islam, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar cet I,
  4. Al-Qordowi, Yusuf, Pedoman Bernegara dalam Perspektif Islam, Jakarta: Pustaka Al-kautsar, 1995.
  5. Alwasilah, A Chaedar, Pokoknya Kualitatif, Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Jaya, 2012.
  6. An-Nabiry, Fathul Bahri, Meniti Jalan Dakwah Bekal Perjuangan Para Da'i. Jakarta: Amzah, 2008. Cet. 1.
  7. Asshiddiqiey, Hasby, Pengantar Siyasah Syar’iyyah Yogyakarta: Madah, tt.
  8. Awwaliyah, Neny Muthi’atul, Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam Di Era Generasi Milenial, Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, Vol. VIII No. 1 Tahun 2019.
  9. Aziz, Jum’ah Amin Abdul, Fiqih Dakwah Studi atas berbagai Prinsip dan Kaidah yang harus dijadikan Acuan dalam Dakwah Islamiah, Solo: PT Era Adicitra Intermedia, 2015.
  10. Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2010.
  11. Day, Syamsul Bahri, Hubungan Politik dan Dakwah, Balikpapa, Jurnal Mediator, Unisba, Vol. 6, Nomor 1, Juni 2005.
  12. Dhofier, Zamarkhsyari, Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2011.
  13. Djazuli, Fiqh Siyâsah, Damascus: Dâr al-Qalam, 2007.
  14. Dony, Pphabangsri.blogspot.com, 2016 diakses Senin, 08 Juli 2019 pukul 09.00 WIB.
  15. Enjang, AS dan Aliyudin, Dasar-Dasar Ilmu Dakivah, Bandung; Widya Padjadjaran., 2009, Cet. 1.
  16. Fahmi, Muhammad, Mengenal Tipologi dan Kehidupan Pesantren, Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, Syaikhuna Volume 6 Nomor 2 Oktober 2015.
  17. Herianti, Pemerintahan Indonesia dalam Perspektif Siyasah Syari’ah, Jurnal Aqidah-Ta Vol. III No. 2 Thn. 2017.
  18. Ibnu Syarif, Mujar dan Zada, Khamami, Fiqih siyasah; Doktrin dan Pemikiran Politik Islam, Jakarta: Erlangga, 2008.
  19. Iqbal, Muhammad, Fiqh Siyasah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.
  20. Jalaluddin, Rahmat, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
  21. Khaeriyah, Hamzah, Dakwah dalam Bingkai Politik, Sorong, Jurnal Tasamuh: Jurnal Studi Islam, Volume 10, nomor 1, April 2018..
  22. Khoiri, Nur, Konsep dan Dasar Penelitian, Jepara: INISNU Jepara, 2006-2007.
  23. Lajnah `Ilmiyyah bi Ma'had al-Aimmah wa al-Khutaba. Sirah Nabawiyah Dan Dakwah, (Jakarta; .WAMY, 2004). Cet. 1.
  24. Mahdi, Adnan, Sejarah dan Peran Pesantren dalam Pendidikan di Indonesia, Jurnal Islamic Review, IPMAFA“JIE”Volume II No. 1 April 2013 M. Jumadis sani 1434 H
  25. Masyhud, M. Sulthon, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.
  26. Meleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.
  27. Mukodi, Pesantren dan Pendidikan Politik di Indonesia, Al-Tahrir, Vol. 16, No. 2 November 2016 .
  28. Nirwana, Andri, Akulturasi Politik dalam Dunia Dakwah, Substantia, Volume 18 Nomor 2, Oktober, 2016.
  29. Noor, Deliar, Pengantar ke Pemikiran Politik, Jakarta: Rajawali, 1982.
  30. Pahlevy, Dakwah dan Politik : Pemikiran dan Kiprah KH. Mahrus Amin, (Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah, 2010),
  31. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1983.
  32. Raharjo, Rahmat, Globalisasi sebagai Landasan Pengembangan Kurikulum Pesantren, Jurnal Islamic Review (JIE), IPMAFA, Volume II No. 1 April 2013 M. / Jumadil as-sani 1434 H, hlm. 29 Lihat Pula Babun Suharto, Dari Pesantren Untuk Umat. Surabaya: Imtizas, 2011.
  33. Rosa, Andi, Politik Dakwah dan Dakwah Politik di Era Reformasi Indonesia, Jurnal Walisongo, Volume 22, Nomor 1, Mei 2014.
  34. Rouf, Muhammadd, Memahami Tipologi Pesantren.
  35. Salim, Abd. Mu’in, Fiqh Siyasah : Konsepsi Kekuatan Politik dalam Al-Qur’an, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995 cet. II,
  36. Shalih Al-Utsaimin, Syaikh Muhammad bi, Panduan Kebangkitan Islam, Jakarta: Darul Haq, 2002.
  37. Sobur, Alex, Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode fenomenologi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
  38. Sopi’i, Pondok Pesantren dan Pendidikan Politik :(kajian historis di pondok pesantren al-Ishlah Kecamatan Compreng Kabupaten Subang 1999-2014), Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu, 2014.
  39. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekaan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D, (Bandung: Alfabeta, 2010).
  40. Suharto, Babun, Dari Pesantren Untuk Umat, Surabaya: IMTIYAZ, 2011, Cet Ke I.
  41. Surbakti, Ramlan, Memahami Ilmu Politik, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.
  42. Syafri, Ulil Amri, Dkk. Dakwah Mencermati Peluang dan Problematikanya (Jakarta; STID Mohammad Natsir Press, 2007), Cet. 1,
  43. Syam, Nur, Metodologi Penelitian Dakwah, Solo: Ramadhani, 1991.
  44. Takwin, Bagus, Etika Politik: Menimbang Ulang Politik, Tinta Creative Production: Jakarta, 2011.
  45. Toni, Hariya, Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam, Jurnal Dakwah dan Komunikasi STAIN Curup: E-ISSN: 2548-3366 | P-ISSN: 2548-3293, Vol. 1, No. 1, 2016
  46. Umiarso, Nur Zazin, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan; Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren, Cet. 1, Semarang: RaSAIL, 2011.
  47. Yahya, Imam, Demokrasi Pesantren : Menebar Format Politik yang Damai, Jurnal at-Taqaddum, Volume 6, Nomor 2, Nopember 2014.
  48. Zada, Khamami., A Fawaid Sadjili (editor), Nahdlatul Ulama Dinamika Ideologi dan Politik Kenegaraan, Jakarta: Kompas, 2010.
  49. Hasil catatan lapangan I, Jum’at 12 April 2019, Dokumentasi sususnan pengurus pesantren Hasyim Asy’ari putra
  50. Hasil catatan lapangan I, Jum’at 12 April 2019, Dokumentasi sususnan pengurus pesantren Hasyim Asy’ari putri pusat
  51. Hasil catatan lapangan III, Jum’at 05 Juli 2019, Dokumentasi sususnan pengurus pesantren Hasyim Asy’ari putri cabang Joglo
  52. Hasil catatan lapangan II, Jum’at 03 Mi 2019, Dokumentasi sususnan pengurus pesantren Hasyim Asy’ari.
  53. Hasil wawancara dengan pengurus pesantren Nur Alimah, Sabtu 31 Juli 2019.
  54. Hasil wawancara dengan pengurus pesantren putra Indar Sayuko, Sabtu 31 Juli 2019
  55. Hasil wawancara degan pengasuh pondok pesantren Hasyim Asy’ari (KH. Nuruddin Amin dan HJ. Hindun Anisah), Ahad 07 Juli 2019.

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps