Desain Praktek Pengalaman Lapangan Berbasis KKNI Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Anila Umriana*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

This article is a result of research with the Developmental Research Approach with the aim to produce the Design of PPL based on KKNI of BPI FDK Department of UIN Walisongo Semarang. The research is devided into two steps, they are pre-development and development. Pre-development consist of the purpose formulating and begining study through need assessment. The development step is conducted by formulating PPL design based on need assessment result. The research restriction is producing prototype product as PPL design with the base of KKNI. The design has two products which has its excellence each. The description of design consists of; definition, purpose, target, time allocation and standard/ criterion. The result of the research is supposed to be the material and suggestion to BPI department in conducting PPL program.

 

Artikel ini merupakan hasil penelitian dengan pendekatan Developmental Research dengan model Borg and Gall yang bertujuan menghasilkan desain Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis KKNI pada Jurusan BPI FDK UIN Walisongo Semarang. Hal ini penting dilakukan mengingat adanya perubahan kurikulum 2010 yang berbasis KTSP menjadi kurikulum 2015 yang berbasis KKNI. Tahapan penelitian terbagi menjadi dua, yaitu pra pengembangan dan pengembangan. Tahap pra pengembangan meliputi perumusan tujuan dan studi pendahuluan melalui need assesment. Tahap pengembangan dilakukan dengan merancang desain PPL berdasarkan hasil need assesment. Pembatasan penelitian ini hanya sampai menghasilkan prototipe produk berupa Desain PPL berbasis KKNI. Desain yang dihasilkan ada dua bentuk, yang memiliki keunggulan masing-masing. Deskripsi desain meliputi; Definisi, Tujuan, Target, Alokasi Waktu, dan Standar/Kriteria. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan dan masukan bagi Jurusan BPI dalam pelaksanaan program PPL.

Keywords : desain PPL; KKNI; jurusan BPI

  1. Abdullah Idi¸ Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik, (Yogyakarta: Ar RUzz Media, 2011).
  2. Borg and Gall. Educational Research. (Boston: Allyn and Bacon. 2003).
  3. Choirul Huda & Udik Yudiono, Analisis Kinerja Mahasiswa Peserta PPL FKIP Universitas Kanjuruhan Malang. Skripsi Uiversitas Kanjuruhan Malang tahun 2013.
  4. Dewi Amaliah Nafiati, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi Universitas Pascasakti Tegal, tahun 2015
  5. Dokumen 001 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Direktoral Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Tahun 2015
  6. Greenberg, Jerald, Managing Behaviors in Organizations (New York: Prentice Hall, 1996)
  7. Hasil expose/seminar hasil dan evaluasi PPL semester gasal 2017/2018 jurusan BPI yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2017
  8. Ibrahim, dkk, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Press, 2012)
  9. I Putu Panca Adi, Sistem Evaluasi Dan Kesiapan Pelaksanaan Ppl- Real Di Sekolah Mitra, dalam Jurnal Pendidikan Indonesia. Tahun 2015.
  10. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Indonesian Qualification Framework). Direktorat Pembelajaran dan kemahasiswaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2011.
  11. Naskah Akademik Kurikulum Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Berbasis KKNI, SNPT, dan Paradigma Unity of Sciences Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Tahun 2015.
  12. Panduan Akademik Jurusan Bimbingan dan penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Tahun 2014.
  13. Panduan Akademik Jurusan Bimbingan dan penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Tahun 2016.
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang PendidikanTinggi
  15. Rasiana Muhamad Sidik, Efektivitas Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan dalam Memberikan Bekal Kompetensi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2009. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2013
  16. Sugirin, Kajian Perangkat Pembelajaran sebagai Penentu Ketercapaian Kompetensi Ahli Pendidikan Bahasa ssuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Hasil Penelitian. Tahun 2015
  17. Syarifuddin A, Model Penerapan Kualifikasi Kurikulum Nasional Indonesia (kkni) sebagai Penguatan Mutu Program Studi Pariwisata dan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Hasil Penelitian Tahun 2013
  18. Wahyu Doko Ariyanto, Persepsi Mahasiswa Semester VII PGSD tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS tahun akademik 2013/2014, Skripsi Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2014
  19. Zulkarnaen, Desain Program Penguatan Desa Labsite Pendidikan Luar Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Kegiatan Program Pengalaman Lapangan, dalam Journal of Non-formal Education.Vol 2 No 1 tahun

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 857-1999-1679
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps