Universitas Hasanuddin - Indonesia
Google Scholar:
https://scholar.google.co.id/citations?user=DaBZeogAAAAJ&hl=en&oi=ao
Komunikasi dakwah da’i dalam pembinaan komunitas mualaf di kawasan pegunungan Karomba kabupaten Pinrang
Komunikasi dakwah yang dilakukan oleh da’i dalam membinaan mualaf sangat penting bagi perrubahan sudut pandang dan perilaku komunitas mualaf dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam, mengingat da’i sebagai tokoh sentral bagi pengetahuan keagamaan mualaf. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi dakwah yang dilakukan da’i dalam pembinaan komunitas mualaf di kawasan pegunungan Karomba yang meliputi da’i sebagai komunikator, materi atau pesan ajaran Islam yang disampaikan, media yang digunakan dalam pembinaan dan perubahan sikap komunitas mualaf yang menerima pembinaan keagamaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Sedangkan data sekunder didapatkan dari studi pustaka pada berbagai sumber bacaan yang sesuai dengan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, komunikasi dakwah dilakukan dengan tatap muka secara langsung dalam kelompok pengajian dan konsultasi syari’ah, ceramah keagamaan serta kelompok belajar mengaji. Kedua, materi yang disampaikan da’i berupa nilai-nilai dasar keagamaan, keutamaan Islam dan keindahan-keindahan Islam, shalat dan mengaji. Ketiga, media yang digunakan da’i dalam pembinaan adalah dengan cara tatap muka secara langsung. Keempat, terjadi perubahan sikap pada diri mualaf setelah mendapatkan pembinaan, yaitu meningkatnya pengetahuan komunitas mulaf tentang Islam, seperti pengetahuan tentang nilai-nilai tauhid, akhlak dan syariat.
The da'wah communication carried out by the da'i in fostering converts is very important for changing the perspective and behavior of the converts community in daily life according to Islamic teachings, considering that the da'i is a central figure for converts' religious knowledge. This study seeks to identify and analyze the da'wah communication carried out by preachers in coaching the community of converts in the Karomba mountain area which includes preachers as communicators, the material or messages of Islamic teachings conveyed, the media used in coaching, and changes in the attitudes of the converts who accept religious formation. The research method used in this research is a qualitative method with a case study approach, primary data collection is done by interview and direct observation. Meanwhile, secondary data were obtained from literature studies on various reading sources in accordance with the theme. The results showed that first, da'wah communication was carried out face-to-face in recitation groups and shari'ah consultations, religious lectures, and Koran study groups. Second, the material presented by the da'i was in the form of basic religious values, the virtues of Islam and the beauties of Islam, prayer, and recitation. Third, the media used by da'i in coaching is face-to-face. Fourth, there is a change in the attitude of the converts after receiving guidance, namely increasing knowledge of the mulaf community about Islam, such as knowledge of the values of tawhid, morals, and sharia.
Keywords: Komunikasi Dakwah; Pembinaan; Da’i; Mualaf; Da'wah Communication; Coaching; Da'i; Converts
- Anuar, K., dan Amsal A. (2019). Komunikasi Persuasif Pembinaan Muallaf oleh Dinas Syari'at Islam Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. 1 (1) h. 1-8.
- Arianto. (2019). Studi Dramaturgi Dalam Presentasi Diri Kelompok Jamaah An-Nadzir Kabupaten Gowa. Jurnal ASPIKOM , 4 (1) h. 96-112.
- Arifin, B. (2018). Strategi Komunikasi Dakwah Da’i Hidayatullah dalam Membina Masyarakat Pedesaan. Commicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi , 2 (2) h. 159-178.
- Ariyanto, B., dkk. (2019). Pembinaan Mental di Lembaga Pemasyarakatan: Tinjauan Strategi Komunikasi Dakwah. SAHAFA Journal of Islamic Comunication. 1 (1) h. 130-143.
- Atabik, A. (2014). Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif dalam Perspektif Al Quran. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam , 1 (1) h. 117-136.
- Aziz, M. A. (2016). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
- Fabriar, S. R. (2019). Urgensi Psikologi dalam Aktivitas Dakwah. Jurnal An-Nida. 11 (2) h. 126-135
- Farida, S. (2019). Bimbingan Islam terhadap Mualaf oleh Dewan Dakwah di Desa Margo Lestari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Skipsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
- Hakim, R. (2013). Pola Pembinaan Muallaf Di Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan. Al-Qalam. 19 (1) h. 85-96
- Hidayati, S. (2014). Problematika Pembinaan Muallaf di Kota Singkawang dan Solusinya melalui Program Konseling Komprehensif. Jurnal Dakwah. 15 (1) h. 111-136
- Ma’arif, B. S. (2012). Komunikasi Dakwah: Paradigma Untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
- Markarma, A. (2014). Komunikasi Dakwah Efektif dalam Perspektif Al Qur'an. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. 11 (1) h. 127-151
- Munir, S. (2013). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
- Rahkmat, J. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Rahmawatu, I., dan Dinie R.D. (2018). Pengalaman Menjadi Mualaf: sebuah Interpretative Phenomenological Analysis. Jurnal Empati. 7 (1) h. 92-105.
- Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan. 3 (1) h. 60-77.
- Salsabila, M., Arif, R., Asep, I.S., (2019). Implementasi Program Pembinaan Mualaf sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Masjid. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah. 4 (1) h. 1-18
- Saprillah. (2016). Pengelolaan Muallaf dan Problematikanya di Kota Palu. AL-FIKR. 20 (2) h. 191-211.
- Sarwono, S.W. (2001). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
- Setiawati, R., Khomsahrial, R. (2019). Pembinaan Keagamaan dan Ekonomi bagi Mualaf oleh Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia di Lampung. Jurnal Dakwah Risalah. 30 (2) h. 154-167
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.