EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH ISLAM: Studi pada Kelompok Pengajian di Perumahan Mojosongo Permai Kabupaten Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.21580/jid.v34.1.66Keywords:
Method, Lecture and Da’wahAbstract
This is a qualitative research that generates two discriptive forms namely people’s written or spoken and also the behavior that can be observed. Through the qualitative approach which emphasised on the usage of observational techniques involved (participant observation) and in-depth interviews (indepth-interview) in date collection. Participant observation techniques used to obtain a detailed picture of the society condition in the residential neighbourhood of Mojosongo Permai. The results of this research showed that the implementation of payroll in the Mojosongo Permai residential neighborhood that generally has two substantial investigations, investigations of women called "study of the women’s majlis ta'lim in Mojosongo Permai" and Men’s yasinan. Men’s Yasinan held once in a month is not specified because it depends on the encountering citizens. Participants of the study that consists of women in a Moslem Residential area of Mojosongo Permai. Time discussion executed in the afternoon after the ASR prayer.
***
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan dua bentuk deskripsi yaitu tulisan orang atau lisan dan juga perilaku yang dapat diamati. Pendekatan kualitatif yang menekankan pada penggunaan teknik pengamatan terlibat (observasi partisipan) dan wawancara mendalam (indepth interview-) dalam mengumpulkan data. Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh gambaran rinci tentang kondisi masyarakat di lingkungan pemukiman Mojosongo Permai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penggajian di lingkungan perumahan Mojosongo Permai terdapat dua kegiatan yaitu majlis taklim perempuan dan yasinan pria. Yasinan Pria diadakan sekali dalam satu bulan tidak ditentukan karena tergantung pada warga hadapi. Objek studi yaitu muslimat di daerah Perumahan Mojosongo Permai yang diselenggarakan setiap sore setelah sholat ashar
Downloads
References
Amin, Samsul Munir M.A., Ilmu Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2009).
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Reneka, 1996)
Arikunto Suharsimi, Pengelolaan Materiil, (Jakarta: Prima Karya, 1987).
Bahtiar, Wardi, etodologi Penelitian Ilmu Dakwah, [Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1997).
Fadhlullah, Muhammad Husain, Metodologi Dakwah dalam Al-Qur’an, (Jakarta:, PT. Lentera basritama, 1997).
Fadjar Malik, Madrasah dan Tantangan Moderenitas, (Bandung: 1998, Mizan)
Fadlullah, Muhammmad Husen, Metodologi Dakwah dalam Al- Qur’an Pegangan Bagi Para Aktivis,Jakarta, (Jakarta: PT. Lentera Basritama, 1982).
Hadi,Sutrisno, Metode Reserch II, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1987)
Halimi, Safrodin, Etika Dakwah dalam Persepektif Al-Qur’an, (Semarang: Walisongo Press, 2008).
Hasmy, Dustur Dakwah menurut al-Qur’an , (Jakarta: Bulan Bintang, 1997).
Moleong Lexi. J., Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002).
Mukhtar Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 2001).
Munawir Ahmad Warson, Kamus Arab Indonesia, cet. 14, (Surabaya: Pustaka Progresif Cipta, 2002).
Omar, Toha Yahya M.A., Ilmu Dakwah, (Jakarta: Wijaya, 1979).
Sanusi, Shalahudin, Pembahasan Sekitar Prinsip-Prinsip Dakwah Islam, (Semarang: Penerbit Ramadhani, 1964).
Shihab, M. Quraish, Membumikan al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 2001).
Suyanto, Dinamika Pendidikan Nasional Dalam Percaturan Dunia Global (Yogyakarta: Pusat Studi Agama dan Peradaban (PSAP) Muhammadiyah, 2006)
Syukur, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Usana Offset Printing, 1983).
Takaran, Cahyadi, Prinsip-Prinsip Dakwah yang Tegar di Jalan Allah, (Yogyakarta: Izzan Pustaka, 2005).
Tilaar, Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani : Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000) .
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. II, cet. 7, (Jakarta: Balai Pustaka 1996).
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia ed. II, cet. 7, (Jakarta: Halai Pustaka (DepDikNas).
Vebrianto ST., Kapita Selekta Pendidikan. (Yogyakarta: Yayasan Pendidikan “Paramita”, 1984).
Zuhairini dan Abdul Ghafir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UM Press, 204).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the accepted article shall be assigned to the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to published articles.
In line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.