Universitas Islam Negeri Walisongo - Indonesia
Dinamika dakwah Islam di era modern
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak berarti pada sendi-sendi etika umat Islam di zaman modern ini. Untuk mengantisipasi kompleksitas masyarakat modern da’i harus mempersiapkan strategi dan materi dakwah yang lebih mengarah pada antisipasi sebagai kecenderungan masyarakat. Di tengah terpaan modernisasi dan globalisasi yang berkembang sangat cepat dan sulit untuk di tebak arahnya da’i harus dilakukan secara terus menerus secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau strategi dakwah yang efektik ditengah-tengah dinamika dakwah yang terus berubah. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi literature. Metode studi literature adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengelola bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah dapat berperan aktif di era modern jika da’I sebagai pendakwah mampu ikut serta dalam perkembangan zaman sehingga dakwah sebagai penerang mampu memberi peran pada masyarakat yang mendewakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu da’I dalam kehidupan modern, dakwah harus berorientasi kepada mad'u dengan pendekatan "bil hikmah wal mauizah hasanah dan dengan pemanfaatan media (bi al-tadwin). Langkah tersebut juga dimbangi dengan para da'I baik individu maupun kelompok yang berkualitas, mempunyai pengetahuan serta wawasan yang luas, menguasai materi atau pesan dakwah, metode, dan media yang tepat dan relevan dengan kondisi dan kemajuan masyarakat modern yang dihadapinya.
Keywords: dinamika; dakwah; modern
- Abdul, Jum'ah Amin, A. (1997). Ad-Dakwah, Qawā’id Wa Us}ūl Fiqih Dakwah; Prinsip dan Kaidah Asasi Dakwah Islam.
- Ahmad, A. (1985). Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. PLP2M.
- Ahmad, R. (2017). Reformulasi Konsep Dakwah Di era Modern (Kajian tentang dakwah terhadap Ahl Al-Kitab). Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 6(1), 107–116.
- Al-Attas, S. M. N. (2011). Islam and Sekularisme. PIMPIN.
- Alhidayatillah N. (2018). Dakwah Dinamis Di Era Modern (Pendekatan Manajemen Dakwah). An-Nida’, 41(2), 265–276.
- Burhani, A. N. ( ed ). (2002). Manusia Modern Mendamba Allah Renungan Tasawuf Positif. Hikmah.
- Daradjat, Z. (1993). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Panji Mas Agung.
- Gaffar, A. (1998). Modern dan Islam: Dua kutub yang Bertentangan dalam AI-Qur’an dan Tantangan Modernitas. 1998.
- Hafifudin, D. (1998). Dakwah Aktaual. Gema Insani Press.
- Karim, A., Adeni, A., Fitri, F., Fitri, A., Hilmi, M., Fabriar, S., & Rachmawati, F. (2021). Pemetaan untuk strategi dakwah di kota semarang menggunakan pendekatan data mining. Jurnal Dakwah Risalah, 32(1). doi:http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v32i1.12549.
- Karim, A., Suharno, Y., & Arwani, W. (2019). Pemberdayaan Sekolah Islam untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 91-100. DOI : 10.21580/jid.v39.1.4421.
- Mahmuddin. (2016). Aplikasi Dakwah Kontemporer di Bulukumba (Upaya Menangkal Radikalisme Agama). Jurnal Al Ulum, 16, 2.
- Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitan Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
- Puteh, M. J. (2000). Dakwah di Era Globalisasi: Strategi Menghadapi Perubahan Sosial. Pustaka Pelajar.
- Rais, A. (1998). Tauhid Sosial. Mizan.
- Rajab, M. (2014). Dakwah Dan Tantangannya Dalam Media Teknologi Komunikasi. Jurnal Dakwah Tablig, 15.
- Republika.co.id. (2021). Kesenian jadi Media Dakwah Indonesia. Republika.Co.Id.
- Rodhin, R. (2011). Internet dalam konteks perpstakaan. Pustakaloka, 3(1), 1–19.
- Sardar, Z. (1996). Tantangan Dunia Islam Abada 21 Menjangkau Informasi Terj. Priyono. Mizan.
- Sufri, S. N. C. (2000). Dakwah Dalam Presfektif Hasan Al- Banna. Al-Jami’ah Journal of Islamic Setudies, 38(2).
- Syukur, H. M. A. (1997). Zuhud di Abad Modern. Pustaka Pelajar.
- Zulkarnaini. (2015). Dakwah Islam Di Era Modern. Jurnal Dakwah Risalah, 26(3), 151–158.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.