Dakwah di masa pandemi Covid-19: Eksistensi, problematika serta solusi

Suprima Suprima  -  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
Muhamad Parhan*    -  Universitas Pendidikan Indonesia
Abizar Khairulimam  -  Universitas Pendidikan Indonesia
Mita Nurfitriyani  -  Universitas Pendidikan Indonesia
Salza Nabila Ababil  -  Universitas Pendidikan Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other

This research is motivated by the presence of the covid-19 outbreak, which causes many activities that cannot be done by gathering and meeting face to face. This impact is not only in the world of business or education, but also has an impact on worship activities and other religious activities such as congregational prayer at the mosque, weekly recitation at the mosque, including listening to dakwah directly from the ulama.  With the covid-19 outbreak as a pandemic that has spread to various countries, another step is needed in religious activities to prevent and break the covid-19 chain so that it does not spread widely. So staying at home and maintaining a distance is the choice of muslims when circumstances are felt to be detrimental to themselves and other.  In respone to this, it is necessary to conduct a study of some of the impact that occur in dakwah activities in the middle of a pandemic, which aims to find out whether due to the many obstacles, dakwah activities are still being carried out or not. To achieve this goal, this study used a qualitative-descriptive research method with litelature study techniques. The result of this study obtained data and the fact that there are many problems in dakwah in a pandemic situation like this. However, the data shows that the problems that occur are not a barrier to the existence of dakwah amid the covid-19 pandemic.

***

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya wabah covid-19, yang menyebabkan banyaknya aktivitas dan kegiatan yang tidak bisa dilakukan dengan berkumpul dan bertatap muka secara langsung. Dampak tersebut bukan hanya dalam dunia usaha ataupun pendidikan saja, tetapi juga berdampak pada kegiatan beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya seperti salat fardhu berjama’ah di masjid, pengajian mingguan di masjid, termasuk mendengarkan dakwah dari para ulama secara langsung pun terhenti. Dengan adanya wabah covid-19 sebagai pandemi yang telah tersebar ke berbagai negara, diperlukan suatu langkah lain dalam kegiatan keagamaan untuk pencegahan dan memutus rantai covid-19 agar tidak tersebar dan tidak meluas. Maka tetaplah di rumah dan tetap menjaga jarak merupakan pilihan umat Islam saat keadaan sekitar dirasa dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Menyikapi hal tersebut perlu kiranya dilakukan kajian terhadap beberapa dampak yang terjadi pada kegiatan berdakwah di tengah pandemi, yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan banyaknya kendala, kegiatan berdakwah tetap terlaksana atau tidak. Untuk mencapai tujuan tesebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik studi pustaka. Hasil dari penelitian ini diperoleh data dan fakta bahwa banyak sekali problematika dalam dakwah di dalam situasi pandemi seperti ini, tetapi di dalam data tersebut menunjukan bahwa problematika yang terjadi tidak menjadi penghalang dalam keeksistensian dakwah di tengah pandemi covid-19.

Supplement Files

Keywords: Eksistensi; Problematika; Dakwah; Pandemi Covid-19

  1. Abdullah, A. (2009). RETORIKA DAN DAKWAH ISLAM. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(1), 107–117.
  2. Abidin, Z. (2007). Analisis eksistensial. PT. Raja Grafindo Persada.
  3. Adzkia, G., & Komariah, K. S. (2021). THE ROLE OF THE YOUNGER GENERATION IN PREVENTING THE SPREAD OF RELIGIOUS RADICALISM. Religio Education, 1(1), 24–37.
  4. Alam, L. (2016). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERGURUAN TINGGI UMUM MELALUI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101–119. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171
  5. Alimuddin, N. (2007). KONSEP DAKWAH DALAM ISLAM. Hunafa: Jurnal Studi Islamika, 4(1), 73–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v4i1.195.73-78
  6. Arni, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN-3 Telangkah Desa Hampalit Kabupaten Katingan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(2), 56–62.
  7. Asmar, A. (2020). EKSPRESI KEBERAGAMAN ONLINE: MEDIA BARU DAN DAKWAH. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(1), 54–64. https://doi.org/10.21580/jid.v40.1.5298
  8. Auliana, S. (2009). EKSISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER (SEBUAH KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINISME). Universitas Negeri Malang.
  9. Budiantoro, W. (2017). Dakwah di Era Digital. Komunika, 11(2), 263–281. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369
  10. Cahyono, A. S. (2020). IMPLEMENTASI MODEL COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENYELESAIAN PANDEMI COVID-19. Publiciana, 13(1), 83–88. https://doi.org/https://doi.org/10.36563/p.v13i1.207
  11. Ekawati, D. (2015). EKSISTENSIALISME. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 137–153.
  12. Farihah, I. (2014). PENGEMBANGAN KARIER PUSTAKAWAN MELALUI JABATAN FUNGSIONALPERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Libraria: Jurnal Kepustakaan, 2(1), 118–136. https://doi.org/10.21043/libraria.v2i1.1193
  13. Halisa, N. (2020). MEDIA SOSIAL DAN KEBERAGAMAN ILMU DAKWAH SEBAGAI AKTIVITAS SOSIAL DIMASA PANDEMI [IAIN Parepare]. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/57crb
  14. Hardjasujana, & Ahmadslamet. (1999). Evaluasi keterbacaan : buku teks bahasa Sunda untuk Sekolah Dasar di Jawa Barat. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  15. Hasan, J. (2020). Tantangan dan Arah Dakwah di Tengah Ancaman Pandemi Covid-19. Jurnal Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam, 3(2), 46–60. https://doi.org/10.22373/jp.v3i2.7919
  16. Hidayat, N. S. (2012). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An-Nida’, 37(1), 82–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315
  17. Husna, Z. Z., & Aziz, M. A. (2021). DAKWAH MEDIA SOSIAL : POLA DAKWAH PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Media Kita: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1). https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i1.3296
  18. Idrus, M. D. Al, & Solehan, M. L. (2009). PERANAN ICT DALAM PENYEBARAN DAKWAH DALAM ERA GLOBALISASI. In SEMINAR KEBANGSAAN DAKWAH ISLAMIAH DI IPT DAN KOMUNITI (p. 11).
  19. Indonesia, T. D. P. U. P. (2016). Pendidikan Agama Islam. UPI Press.
  20. Karim, A., Adeni, A., Fitri, F., Fitri, A., Hilmi, M., Fabriar, S., & Rachmawati, F. (2021). Pemetaan untuk strategi dakwah di kota semarang menggunakan pendekatan data mining. Jurnal Dakwah Risalah, 32(1). doi:http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v32i1.12549.
  21. Karim, A., Suharno, Y., & Arwani, W. (2019). Pemberdayaan Sekolah Islam untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 91-100. DOI : 10.21580/jid.v39.1.4421.
  22. Mochammad Irfan Achfandhy. (2020). AKTUALISASI DAKWAH TRANSFORMATIF DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Abdimas ADPISosial Dan Humaniora, 1(1), 1–12.
  23. Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906
  24. Mulyadi, S., Basuki, H., & Prabowo, H. (2019). Metode penelitian kualitatif dan mixed method : perspektif yang terbaru untuk ilmu - ilmu sosial, kemanusiaan, dan budaya. PT. Raja Grafindo Persada.
  25. Mustofa, M. B., & Wuryan, S. (2019). Dakwah Moderasi di Tengah Pandemi Covid 19. MAU’IDHOH HASANAH: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 1(2), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.47902/mauidhoh.v1i2.71
  26. Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). No Title. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7), 639–648. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
  27. Nugraha, R. H., Parhan, M., & Aghnia, A. (2020). Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah Digital. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(02), 175–194. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.398
  28. Nugraheni, U. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA. IAIN Purwokerto.
  29. Pabumbun, A. R., & Dalle, A. (2017). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 11 MAKASSAR. Eralingua:Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4403
  30. Parhan, M., & Alifa, S. (2020). ANALISIS METODE BARU DAKWAH HANAN ATTAKI DI ERA KONVERGENSI MEDIA ( Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @hanan_attaki ). Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(2), 175–196. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
  31. Parhan, M., Islamy, M. R. F., Budiyanti, N., Nugraha, R. H., & Hyangsewu, P. (2020). Responding to Islamophobia by Internalizing the Value of Islam Rahmatan lil Alamin through Using the Media. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 6(2), 137–149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/islam_realitas.v6i2.3695
  32. Poerwadarminta, W. J. . (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
  33. Pribadi, S. A. T., & Fahrudin, A. (2021). STRATEGI DAKWAH PENGAJIAN ISLAM DALAM SUASANA PANDEMI COVID-19. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.39-46
  34. Purwahida, R. (2018). PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BACA TULIS ANAK USIA SEKOLAH DASAR. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indoneia, 2(1), 127–137. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/AKSIS.020108
  35. Putra, A. S. (2021). Peran Sosial Media Sebagai Media Dakwah Di Zaman Pandemic Virus Corona Atau Covid 19 Di Indonesia. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/panangkaran.2020.%25x
  36. Putri, S. A., & Fakhruddin. (2021). Tantangan dan Peluang Dakwah Masa Pandemi di Gampong Lampuja. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 101–110.
  37. Rambalangi, R., Sambiran, S., & Kasenda, V. (2018). EKSISTENSI LEMBAGA ADAT DALAM PEMBANGUNAN KECAMATAN TAWALIAN KABUPATEN MAMASA (Suatu Studi Di Kecamatan Tawalian Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat). JURNAL EKSEKUTIF: Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).
  38. Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 126–142. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.586
  39. Saputra, W. (2011). Pengantar ilmu dakwah. RajaGrafindo Persada.
  40. Setyowati, & Cahya, A. (2020). Peran Dakwah Daring untuk Menjaga Solidaritas Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 295–310.
  41. Ulum, A. C., Nurkidam, A., Haramain, M., & Taufik, M. (2017). EKSISTENSI DAKWAH DALAM MERESPON PLURALISME. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 7(2), 124–138. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.475
  42. Zaini, A. (2013). Dakwah Melalui Internet. AT-TABSYIR STAIN Kudus, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v1i1.447
  43. Zakariya, N., & Mohamad, A. D. (2013). Media sebagai wasilah dakwah. Al-Hikmah, 5(1), 92–99.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Dakwah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats

 

Indexed by


      

Jurnal Ilmu Dakwah
Published by Faculty of Da'wa and Communication UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +622214085031
https://fakdakom.walisongo.ac.id/
Email: ilmudakwah@walisongo.ac.id

ISSN: 1693-8054 (print)
ISSN: 2581-236X (online)
DOI : 10.21580/jid


This work is licensed under CC Atribution - Non Comercial - ShareAlike 4.0.

 
apps