Pendampingan bagi Guru Madrasah Aliyah dalam Proses Penyusunan Soal Berbasis Daring dengan Aplikasi Quizziz

Dian Tauhidah*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Muhammad Agus Prayitno  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

The era of the industrial revolution 4.0 is an era where human life is always associated with technology and information. One example of activities related to technology and information in madrasah is e-learning. E-learning can improve learning outcomes, critical thinking skills, and motivation. E-learning applications have been found on the internet, including Schoology, Edmodo, Google Classroom, Rumah Belajar, Phet Colorado, Quizziz, and others. Quizziz is an application that supports the organization of test online. The use of the application in daily tests can help teachers reduce errors in assessment. The Quizzez application is also effectively used in class because it is simpler in its application.

 

Era revolusi industri 4.0 merupakan era di mana kehidupan manusia selalu berkaitan dengan teknologi dan informasiSalah satu contoh kegiatan yang berhubungan dengan teknologi dan informasi di madrasah adalah pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa. Aplikasi pembelajaran daring sudah banyak dijumpai di internet, antara lain Schoology, Edmodo, Google Classroom, Rumah Belajar, Phet Colorado, Quizziz, dan lain-lain. Quizziz merupakan aplikasi yang mendukung tentang penyelenggaraan UH, UTS, dan UAS secara online. Penggunaan aplikasi dalam ulangan harian dapat membantu guru mengurangi kesalahan dalam penilaian. Aplikasi Quizzez juga efektif digunakan dalam pelatihan pembuatan soal berbasis daring karena lebih sederhana dalam penerapannya.

Keywords : quizzez; e-learning; teacher

  1. Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti. 2018. The Effectiveness of Islamic Religious Education in the Universities: The Effects on the Students’ Characters in the Era of Industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3 (1): 77-87.
  2. Djaja, S. 2016. Harapan dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10 (2): 1-12.
  3. Ellis & Ryann K. 2009. Field Guide to Learning Management System. American Society for Training & Development (ASTD).
  4. Fatahillah, Zainuddin, M., Kasau, R., & Samad, M. R. 2019. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Dalam Jaringan (Daring) di SMK. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM.
  5. Ghiffar, M.A.N., Nurisma, E., Kurniasih, C., & Bhakti, C.P. 2018. Model Pembelajaran berbasis Blended Learning dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 85 – 94.
  6. Goksu, I. 2016. The Evaluation of the Cognitive Learning Process of the Renewed Bloom Taxonomy Using a Web Based Expert System. TOJET: The Turkish Online Journal of Education Technology, 15 (4): 135-151.
  7. Kasim, A. & Wahyuni, S. 2017. Effect of Learning Media Based on Combination of Mind-Manager and Wonder Share Quiz Creator towards Students’ Learning Outcomes and Creative Thinking Skills. Proceedings of the First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education, 486-490.
  8. Khusniyah, N. & Hakim, L. 2019. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17 (1): 19-33.
  9. Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature. 3 (1): 99 – 110.
  10. Nardi, J. & Andre. 2019. Aplikasi Kuis Dharma Online pada Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) berbasis Android. ALGOR, 1 (1) : 49-55.
  11. Ningrum, G. D. K. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9 (1): 22-28.
  12. Priatmoko, S. 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. Jurnal, 1 (2).
  13. Rimbarizki, R. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Oeserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) PIONEER Karanganyar. J+Plus UNESA, 6 (2): 1-12.
  14. Sjukur, S.B. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 368-378.
  15. Syamsuar & Reflianto. 2018. Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. 6 (2) : 1 -13.
  16. Wafda, Z., Utami, N. R., & Pribadi, T. A. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal of Biology Education, 5 (1): 8-15.
  17. Yuhdi, A. & Amalia, N. 2018. Desain Media Pembelajaran berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresisasi Sastra. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1): 14-22.

Open Access Copyright (c) 2020 Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps