Pembuatan Buku Ajar Hadis Tarbawi Sebagai Usaha Peningkatan Pemahaman Hadis-Hadis Pendidikan Bagi Mahasiswa

Ahmad Zaenuri*  -  IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

(*) Corresponding Author

The main problem faced by many Islamic higher education students in Tarbawi hadith courses is the lack of understanding of references in Arabic classical books (al-Turats al-Islamiyyah). Meanwhile, in the course, the knowledge of the intended knowledge is needed. In hindsight, until now there has been no textbook that specifically uses the easiest method of understanding Tarbawi Hadith. This service aims to make textbooks and student assistance in understanding the educational traditions of the classical books. The method used in this assistance is participatory action research with the use of lidwa library software or the book of nine priests. The results of this service show that there are significant changes in knowledge before and after using Tarbawi hadith textbooks.

 

Masalah utama yang banyak dihadapi mahasiswa perguruan tinggi agama Islam, pada mata kuliah hadis tarbawi yaitu kurangnya pemahaman akan referensi kitab-kitab klasik berbahasa arab (al-Turats al-Islamiyyah). Sementara itu, pada mata kuliah tersebut pengetahuan ilmu dimaksud sangat dibutuhkan. Jika dilihat kebelakang, hingga saat ini belum terdapat buku ajar yang secara khusus menggunakan metode termudah dalam memahami hadis tarbawi. Pengabdian ini bertujuan melakukan pembuatan buku ajar dan pendampingan mahasiswa dalam memahami hadis-hadis pendidikan dari kitab-kitab klasik. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu participatory action research dengan pemanfaatan software lidwa pustaka atau kitab sembilan imam. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar hadis tarbawi. 

Keywords : Textbooks, Tarbawi Hadith, Students

  1. Al-Sijistani, A. D. 2011. Sunan Abi Dawud. Libanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
  2. Dikti. 2019. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.
  3. Fahmi, M. 2019. Sistem Informasi Akademik. Retrieved from http://siak.iaingorontalo.ac.id/
  4. Khon, A. M. 2014. Takhrij & Metode Memahami Hadis. Jakarta: AMZAH.
  5. Matsun, D. 2019. "Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Buku Ajar Untuk Guru Fisika Kalimantan Barat". Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 7(4), 864–868. Retrieved from jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/600
  6. Nusrotus Sa’idah. 2016. "Pengembangan Buku Ajar Statistik Sebagai Penunjang Perkuliahan". Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.600
  7. Sumbullah, U. 2012. Kritik Hadis; Pendekatan Historis Metodologis. Yogyakarta: SUKSES Offset.
  8. Sunarto, M. J. D. 2017. "Penerapan Pendekatan Participation Action Research dalam Pembuatan Aplikasi Pembelajaran “MOLEARN” Bagi MGMP SMA Jawa Timur". In Prosiding Konferensi Nasional Guru dan Inovasi Pendidikan (pp. 1–12). Bali.
  9. Sutikno. 2017. "Kompetensi Keagamaan Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya (Analisis Perbandingan Penerimaan Jalur SPAN, UM PTKIN dan Jalur Mandiri Tahun 2016)". Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 244–263. http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.244-263
  10. Umar, B. 2012. Hadis Tarbawi; Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Jakarta: AMZAH.

Open Access Copyright (c) 2020 Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps