OPTIMALISASI GERAKAN KOMUNITAS PEDULI PAUD (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)

Authors

  • Wafiyah Wafiyah IAIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.56

Keywords:

optimalisasi, pendidikan, anak,

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai media pertumbuhan dan pengembangan potensi fisik maupun psikis anak usia dini sehingga mampu mengikuti jenjang pendidikan lebih lanjut. Hal itu diakui oleh banyak orang, agama maupun negara termasuk Indonesia yang kini sedang menggalakannya.

Diantara pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia adalah PAUD “Taman Belia” di Desa Bayangan, Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Sejak lahir hingga kini (7 tahun) lembaga pendidikan ini berangsur-angsur mengalami kemajuan. Sejak tempat pembelajarannya masih numpang di rumah warga, alat bermain dan alat permainan edukasi (APE) yang ala kadarnya dan guru yang belum profesional, kini sudah memiliki gedung, sejumlah alat bermain, sejumlah alat permainan edukasi (APE) dan sejumlah guru yang lebih signifikan. Namun keberadaannya terancam punah karena muridnya sedikit dan minimnya dana dari pemerintah dan di tahun ajaran 2013 murid aktifnya tinggal 10 orang dan akhir tahun ajaran tinggal 5 orang karena “lulus”.

Karena itulah komunitas peduli PAUD muncul yang kemudian diberi nama Gerakan Komunitas Peduli PAUD taman belia desa deyangan kec. Mertoyudan, kab. Magelang yaitu suatu gerakan untuk peduli dan berpartisipasi untuk memikirkan  kelangsungan hidup PAUD di masa yang akan datang dan diminati banyak orang sehingga banyak anak usia dini di desa Deyangan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999, Cet. II.

Atmodiwirio, Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Arda Dizya Jaya, 2000.

Dahlan, M.D. dan M.I Soelaeman, Sang Anak dalam Naungan Pendidikan Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1993.

Departemen Agama RI, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar dan Penilaian di Raudhatul Atfal, Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001.

_______, Kendali Mutu PAI, Jakarta: Direktoral Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak (GBPKB PAUDI), Jakarta: Keputusan Menteri pendidikan dan Kebudayaan, 1994.

Depdiknas, Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009, Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025, Jakarta: Depdiknas, 2005.

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Subianto, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta: 2012.

Moeslichanatoen R., Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta,1999..

Muchtar, Heri Jauhari, Fikih Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Patmonodewo, Soemarti, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Non Formal.

Pratt, David, Curriculum Design and Development, New York: Harcourt Grace Javanovich Publisher, 1980.

Saylor, John Galen, Curriculum Planning for Better Teaching and Learning, Canada: the United States of America, 1981.

Siregar, Marasudin, Metodologi Pengajaran Agama, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2003)..

Suryosubroto, B., Proses Belajar-Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rinneka Cipta, 2002, Cet. I.

_______, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT Rinneka Cipta, 2004, Cet. I.

Tedjasaputra, Mayke S., Bermain, Mainan dan Permainan, Jakarta: Grasindo, 2001.

Downloads

Issue

Section

Articles