From Cafe to the Mosque: the Construction of Dakwah Digital Communication of Shift Community

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21580/dms.2021.212.9429

Keywords:

Communication psychology, digital da'wah, millennials

Abstract

Keberhasilan dakwah sangat ditentukan oleh strategi yang dipilih oleh da’i. Dakwah aktual dan kontekstual merupakan salah satu cara yang dapat dipilih agar pesan efektif mempengaruhi kesadaran dan perilaku masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk mengkonstruksi strategi dakwah digital dalam konteks generasi milenial. Melalui pendekatan antropologi digital, artikel ini mengeksplorasi salah satu aktifitas yaitu komunitas Shift yang dipimpinan Hanan Attaki dimana ia melakukan dakwah digital dengan sasaran utama generasi milenial. Dalam studi ini ditelusuri beberapa media sosial yang sering digunakan oleh Hanan Attaki, yaitu Youtube dan Instagram. Studi ini menunjukkan terdapat sejumlah model komunikasi yang bisa dibangun melalui dakwah digital yang menjangkau sasaran dakwah baru yaitu komunitas milenial. Aktualitas tema dakwah dan kontekstual dakwah yang relevan dengan karakteristik generasi milenial yaitu IT minded dan memiliki mobilitas yang tinggi sehingga membentuk moda komunikasi dakwah yang berciri representasi budaya sebagai penentu efektivitas dalam menjangkau kesadaran dan perilaku sasaran dakwah.

The success of da'wah is largely determined by the strategy chosen by the Islamic preacher. Actual and contextual da'wah is one of ways that can be chosen by Islamic preacher so that messages can effectively influence people's awareness and behavior. The aim of this study is to construct a digital da'wah strategy in the context of the millennial generation. Through a digital anthropological approach, this study explores one of the activities, namely the Shift community led by Hanan Attaki where he conducts digital da'wah with the main target of the millennial generation. In this study, several social media are often used by Hanan Attaki, namely Youtube and Instagram. This study shows that there are a number of communication models that can be built through digital da'wah that reach new da'wah targets, namely the millennial community. The actuality of the da'wah theme and contextual da'wah that is relevant to the characteristics of the millennial generation, namely IT minded and it has high mobility and make a form of da'wah communication which characterized by cultural representation as a determinant of effectiveness in reaching awareness and behavior of da'wah targets.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. D. A. (2018). Peran Hanan Attaki Dalam Membangun Persepsi Generasi Milenial Tentang Tuhan (Analisis Isi Atas Video “Kangen” Di Youtube). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(1), 65–74. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i1.2206

Affandi, N. R. D., & Octavianti, M. (2019). KOMUNIKASI DAKWAH PEMUDA HIJRAH. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(2), 173. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.20492

Budiantoro, W. (2018). Dakwah di Era Digital. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263–281. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369

Hilmi, M. (2021). Youtube as Da’wah Media Innovation in Disruption Era. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(01), 21–31. https://doi.org/10.37680/muharrik.v4i01.234

Inderasari, E., Lestari, B., & Achsani, F. (2020). Penggunaan Bahasa Dakwah Ustaz Hanan Attaki di Media Sosial Instagram. Jalabahasa, 15(1), 1–15.

Iswatiningsih, D. D. (2016). Etnografi Komunikasi : Sebuah Pendekatan Dalam Mengkaji. SEMINAR NASIONAL PRASASTI (Pragmatik: Sastra Dan Linguistik).

Jamil, M., Zuhri, M., Sobirin, M., & Taufiq, I. (2020). Virtual Ummah and Religious Movement Contestation: Identity and Discourse. https://doi.org/10.4108/eai.1-10-2019.2291667

KumparanTech. (2018). Generasi Millenial Dominasi Pengguna Internet di Indonesia. Techno & Sains.

Moore, M. (2012). Interactive media usage among millennial consumers. Journal of Consumer Marketing, 29(6). https://doi.org/10.1108/07363761211259241

Mubarok, Z., & Koidin, M. (2020). Ibadah Mengolah Sampah Di Desa Grobog Wetan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1). https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.4806

Nizar, Y. A. (2020). Program less waste sebagai inovasi dakwah Hanan Attaki. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(2), 115. https://doi.org/10.21580/jid.v40.2.5762

Novinggi, V. (2019). Sensasi dan Persepsi Pada Psikologi Komunikasi. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 10(1). https://doi.org/10.32505/hikmah.v10i1.1706

Nugraha, R. H., Parhan, M., & Aghnia, A. (2020). MOTIVASI HIJRAH MILENIAL MUSLIM PERKOTAAN MELALUI DAKWAH DIGITAL. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(02). https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.398

Rohma, S., Sya’roni, M., Mufrihah, S., & Arafat, A. T. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Konten Edukasi Islami Untuk Masyarakat Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(2). https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.6712

Rustandi, R. (2020). Cyberdakwah: Internet Sebagai Media Baru Dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1678

W, R. W. A., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). POTRET GENERASI MILENIAL PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241

Wibawa, A. T. (2019). Fenomena Dakwah Di Media Sosial Youtube. Jurnal Rasi, 1(1), 1–19.

Yuswohady. (2016). Millenial Trends 2016. Www.Yuswohady.Com.

https://www.portal-islam.id/2019/07/profil-dan-biografi-ustadz-hanan-Hanan Attaki.html

https://www.youtube.com/channel/UCIm0qD-5Yk38NM6KuQvfjfQ

https://www.instagram.com/hanan_Hanan Attaki/

https://www.youtube.com/c/HananHanan Attaki

Downloads

Published

2021-10-19

Issue

Section

Articles