PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DI MASJID AGUNG JAWA TENGAH

Ari Kristin Prasetyoningrum*  -  IAIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Implementasi balanced scorecard dalam rangka revitalisasi Lembaga Pengelola Zakat menunju Good Organzation Governance pada LAZISMA Jawa Tengah belum dilaksanakan secara maksimal khususnya dalam perspektif keuangan. Sedangkan dari perspektif pelanggan yang didasarkan pada kepuasan pelanggan dalam menerima pelayanan dari lembaga cenderung baik karena sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berdasarkan Islam mereka memperlakukan mustahik sebagai keluarga. Perspektif bisnis internal yang meliputi pembelajaran, kemampuan untuk berubah, penanganan keluhan pelanggan, waktu yang diperlukan untuk menangani keluhan dan akuntabilitas organisasi juga dirasakan kurang karena bukan berorientasi profit, melainkan untuk kepentingan ibadah. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran didasarkan pada pertumbuhan dan pembelajaran SDM (karyawan) didasarkan pada kepuasan karyawan sebagai human capital bagi organisasi menunjukkan bahwa karyawan yang dimiliki oleh lembaga zakat tersebut relatif masih dilandasi oleh faktor ibadah, loyalitas yang ditunjukkan oleh karyawan dan usaha untuk belajar secara otodidak dilandasi untuk ibadah dan mencari ridha Allah SWT semata.

Keywords: balanced scorecard, lembaga zakat

  1. Ahmed, Salehuddin, "Empowering local communities: Comilla Approach and Experiences", dalam Joseph Mullen (Ed.), Rural Poverty, Empowerment And Sustainable Livelihoods, England: Asghate Publishing Ltd, 1999.
  2. Ahmad Thib Raya, Hj. Siti Musdah Mulia, Menyelami Seluk-beluk Ibadah Dalam Islam, Cet.3, Jakarta: Kencana, 2003
  3. Ali Mutasowifin , 2002, Penerapan balanced scorecard sebagai tolok ukur Penilaian Pada Badan Usaha Berbentuk Koperasi, Jurnal Universitas Paramadina, Vol. 1 No. 3, Mei 2002: 245-264.
  4. Amiruddin, Pemprof Sulsel dan IAIN Raden Patah Palembang, Anatomi Fiqh Zakat Potret Dan Pemahaman BAZ Sulsel, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
  5. Anthony, Robert N. 1999. Management Control in Nonprofit Organizations. 6th edition. Boston, Massachusetts: Irwin/ McGraw-Hill.
  6. Asep Saepudin Jahar, Masa Depan Filantropi Islam Indonesia Kajian Lembaga-lembaga Zakat dan Wakaf, Makalah disampaikan dalam acara Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) ke 10 di Banjarmasin, 1 – 4 November 2010, Kalimantan Selatan, 685.
  7. Baidi, Yasin, Zakat dan Perubahan Sosial: Telaah terhadap Interpretasi dan Mekanisme Alokasi Dana Zakat oleh Rumah Zakat Indonesia DSUQ (RSI-DSUQ) Yogyakarta, Tesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2005, Tidak Diterbitkan.
  8. Departemen Agama RI, Al Quran dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1999
  9. Didin Hafidhuddin, Zakat Dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani, 2002
  10. Gaspersz, Vincent (2003), Sistem Manajemen Terintegrasi: Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, Jakarta, Gramedia.
  11. Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi, Yogyakarta : EKONISIA, cet.2, 2004
  12. Huda, M. Shofiyul, Politik Hukum Indonesia (Telaah terhadap UU No. 38/1999 tentang Pengelolaan Zakat, Tesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2002, Tidak Diterbitkan.
  13. Imam Abi Abdillah Muhammad, Shakhih Bukhari Juz II, Semarang; PT Thoha Putra, t,th
  14. Imam Muslim, Shakhih Muslim Juz I, Semarang; Thoha Putra, t,th Imam Muslim, Shakhih Muslim Juz I, Semarang; Thoha Putra, t,th
  15. Kaplan, Robert S dan David P. Norton, 1996, Balanced Scorecard: Translating Strategy Into Action, Boston: Havard Business School Press.
  16. M. Abu Zahra, Membangun Masyarakat Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, hlm: 152
  17. M. Daud Ali dan Habibah, Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 1995.
  18. Murni (Staf LAZISMA Jawa Tengah), Hasil Wawancara di Kantor LAZISMA Jawa Tengah, hari Sabtu 21 Juni 2008
  19. Mursyidi, Akuntansi Zakat Kontemporer, Bandung; Remaja Grafindo Rosda Karya, 2003
  20. Nasrun Haroen, Ushul Fiqh1, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1997
  21. Nur Sa’adaah, (Salah Satu Pedagang Kaki Lima (PKL) Blok C Lingkup Masjid Agung Jawa Tengah), Hasil Wawancara pada Hari Sabtu 5 Juli 2008.
  22. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 3,Jakarta: Balai Pustaka, 1990
  23. Qadir, Abdurahman, Pembaharuan Hukum Islam: Studi Pemikiran Yusuf al-Qaradhawi tentang Zakat Profesi, Tesis Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1990, Tidak Diterbitkan.
  24. Qurratulaini, Intan, Pemberdayaan Umat Melalui Pendayagunaan Dana Zakat Pada Lazis UII Yogyakarta, Tesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2006, Tidak Diterbitkan.
  25. Sabiq, Sayyid, Fiqh al-Sunnah, Cet. V, Jilid I, Beirut: Dar al-Fikr, 1982.
  26. Salahuddin, M., Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Pengelolaan Zakat di BAZDA Kab. Bima, Tesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2002, Tidak Diterbitkan.
  27. Salima, Siti, Zakat: Sarana Pengentasan Kemiskinan (Sarana Kasus Pengelolaan Zakat di BAZ Kab. Lumajang), Tesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2003, Tidak Diterbitkan.Sofyan Effendi, "Prinsip-prinsip Analisa Data", dalam Misri Singarimbun, Metode Penelitian Survei , Jakarta: LP3ES, 1988
  28. Sejarah singkat Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah, Semarang, 7 Agustus 2005.
  29. Surat Keputusan Ketua Badan Pengelola Masjid Agung jawa Tengah Nomor : 10/KEP/BPMAJT/VIII/2005, Tentang Pengelola Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Masjid Agung (LAZISMA) Jawa Tengah Syaudi Ismail Situnggal, Penerapan Zakat Dalam Dunia Modal, (Jakarta: Pustaka Dian, 1987)
  30. Wahbah Al-Zuhayly, Al Fiqh Al Islami Wa’adillah, Terjemah: Agus Effendi dan Bahruddin Fannany, Zakat Kajian Berbagai Mazhab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. 1, 1995

Open Access Copyright (c) 2016 Economica

Economica: Jurnal Ekonomi Islam
Published by the Institute of Islamic Economic Research and Development (LP2EI), Faculty of Islamic Economics and Business Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 858-7654-4666
Website: https://febi.walisongo.ac.id/
Email: economica@walisongo.ac.id

ISSN: 2085-9325 (Print)
ISSN: 2541-4666 (Online)
DOI: 10.21580/economica

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Get a feed by atom here, RRS2 here, and OAI Links here.

apps