Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Gerak Lurus
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmadi, A. 2013. Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Chou, P. 2012. Effect of Students ’ Self -Directed Learning Abilities on Online Learning Outcomes : Two Exploratory Experiments in Electronic Engineering Department of Education. International Journal of Humanities and Social Science, 2(6), 172–179.
Djajadisastra, J. 1982. Metode-Metode Mengajar. Angkasa.
El-rabadi, E. G. S. 2013. The Effect of Laboratory Experiments on the Upper Basic Stage Students Achievement in physics . Journal of Education and Practice, 4(8), 62–71.
Fariyani, Q. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa MTs Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 133–138. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4026
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JPSD, 4(1), 47–53. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490
Fitriani. 2019. Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Kelas IV SDN Topa Kota Baubau. PERNIK: Jurnal PAUD, 2(1), 1–12.
Gkioka, O. 2019. Learning How to Teach Experiments in the School Physics Laboratory. Journal of Physics: Conference Series, 1286(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1286/1/012016
Havlíček, K. 2015. Experiments in Physics Education : What do Students Remember ? WDS’15 Proceedings of Contributed Papers, 144–148. https://www.mff.cuni.cz/veda/konference/wds/proc/pdf15/WDS15_24_f12_Havlicek.pdf
Jeanne, Eric, dan L. 2017. Educational Psychology Developing Learners. Cenveo.
Josef, T., & Novak, P. 2010. Motivational Effectiveness of Experiments in Physics Education. Proceedings of Selected Papers of the GIREP - ICPE-MPTL International Conference, January 2014, 409–417.
Josey, S., Alvi, P. A., Kattayat, S., & Asha, J. V. 2018. Effectiveness of ‘low cost experiments’ in assimilating fundamentals of physics. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(11), 860–866.
Ngalim, P. M. 2014. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Pantas, E. F., & Sumadi. 2016. Pengaruh Metode Eksperimen dan Metode Demonstrasi terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3(1), 87–95.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Radulović, B., Stojanović, M., & Županec, V. 2016. The Effects of Laboratory Inquire-Based Experiments and Computer Simulations on High School Students‘ Performance and Cognitive Load in Physics Teaching. Zbornik Instituta Za Pedagoska Istrazivanja, 48(2), 264–283. https://doi.org/10.2298/ZIPI1602264R
Rahmawati, D., Maladona, A., & Gaffar, A. A. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP pada Konsep Energi dalam Sistem Kehidupan). Jurnal Bio Edacatio, 3(2), 8–13.
Rukinem. 2018. Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Cahaya di Kelas V SDN 07 Silaut Kecamatan Silaut. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 34–43.
Rukoyah. 2016. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 1(2), 1–5.
Stern, C., Echeverría, C., & Porta, D. 2017. Teaching Physics through Experimental Projects. Procedia IUTAM, 20, 189–194. https://doi.org/10.1016/j.piutam.2017.03.026
Subekti, Y., & Ariswan, A. 2016. Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252–261. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Syahrowiyah, T. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18.
Tampubolon, S. M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.