Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET

Asep Abdur Rais*  -  Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Lukman Hakim  -  Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Sulistiawati Sulistiawati  -  Universitas PGRI Palembang, Indonesia

(*) Corresponding Author
The purpose of this study is to understand students' concepts on indicators exemplifying the level of understanding of student concepts through guided inquiry. The population of this study was all  grade XI students in one of the high schools in Palembang. This research is quantitative research. The results of understanding students' concepts can be seen from the results of the posttest of each class using t-test. Based on the results of the study showed there were differences between students in the experimental class and the control class. This can be seen from the t-test using SPSS 22 obtained significant results (2 –tailled  of 0.00. These results indicate the guided inquiry model has an influence on understanding the concepts of physics.

Keywords: Guided inquiry; concept understanding; PhET simulation

  1. Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K. & Isrok’atun, 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 4(2): 45–50.
  2. Aeni, A., Supardi, S. & & Kasmadi, I., 2017. Keefektifan Pembelajaran Praktikum Berbasis Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa. Chemistry in Education, 6(1): 8–13.
  3. Ali, M. & Asrori, M., 2014. Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Anam, K., 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Jakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Arimbawa, P.A., Santyasa, I.W. & Rapi, N.K., 2017. Strategi Pembelajaran Guru Fisika: Relevansi dalam Pengembangan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya,, 11(1): 43–60.
  6. Ekawati, Y., Haris, A. & Amin, B., 2015. Penerapan Media Simulasi Menggunakan PhET (Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh. 1(1): 35-48.
  7. Hidayat, R., Hakim, L. & Lia, L., 2019. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2): 97-104.
  8. Kanginan, M. 2016. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X., Bandung: Erlangga.
  9. Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2): 85–96.
  10. Lewa, I.W.L., Susanto, H. & Marwoto, P. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2): 400–404.
  11. Maladjuna, D.A., Saehana, S. & Syamsu, S., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(1): 30-36.
  12. Nurhalimah, S.R., Suhartono, S. & Cahyana, U., 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2): 160–167.
  13. Rahayu, S., 2017. Model Simulasi dalam Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2): 102-118.
  14. Sani, R.A., 2019. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  15. Sundaygara, C., Pratiwi, H.Y. & Hudha, M.N., 2019. Pengembangan bahan ajar media pembelajaran fisika dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan kemampuan pembuatan alat-alat praktikum calon guru fisika. Momentum: Physics Education Journal, 2(2): 86–93.
  16. Susilawati et al., 2019. Pre-service teacher ideas about designing demonstration set in physics education program. Journal of Physics: Conference Series, 1170 (1): 012046.

Open Access Copyright (c) 2020 Physics Education Research Journal
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 
apps