Penerapan LKPD Berbasis Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.21580/square.2022.4.2.13499Abstract
Pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa disemua tingkatan Pendidikan. Mempelajari matematika berarti siswa mempelajari prinsip dan konsep Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana penerapan LKPD berbasis kontekstual terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Dengan siswa kelas VI SD Negeri di Kecamatan Lalolae menjadi populasinya, selanjutnya dengan purposive sampling dipilih kelas VI SD Negeri 1 Keisio menjadi kelas kontrol dan kelas VI SD negeri 1 Lalolae menjadi kelas kontrol yang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,2923 dengan nilai N-Gain tertinggi 0,4792. Sedangkan pada kelas eksperimen, rata-rata nilai N-Gain 0,5926 dengan nilai tertinggi 0,8800. Dari hasil uji t diperoleh nilai t stat = 6,28 lebih tinggi dari nilai t critikal = 2,03, sehingga dapat disimpulkan rata-rata N-Gain KPK kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata N-Gain KPK kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan LKPD berbasis Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri di Kec. Lalolae. Oleh karena itu, untuk meningkatkan KPK siswa secara optimal maka penerapan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis kontekstual dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika terutama untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Kata Kunci: LKPD, kontekstual, kemampuan pemahaman konsep.
Downloads
References
Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1, 120–128.
Basri, dkk. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman konsep aljabar. Al-khwarizmi: jurnal pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam oktober-2020, vol.8, no.2, hal.173-182
Elza Nora Yuliani, Z. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187.
Indriyani, I. R. (2013). Pengembangan LKS Fisika Berbasis Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Elektromagnetik. The Official UAD Scientific Journal.
Kusmaryono, I. (2012). Makalah Seminar Kemendikbud Dikti 25 s/d 27 September 2012 “Designing Quality Learning Landscape in Indonesia” 1. 3 (September 2012), 1–14.
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13.
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204.
Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasar, L. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Berorientasi REACT dan STEM. 10(2), 615–629.
Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39.
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prisma, 1, 810–813.
Selfiana, dkk. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 2(3).
Tahir, T. (2021). The Effect of Learning Styles on Students ’ Mathematical Communication Ability. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 13–21.
Tahir, T., & Marniati, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learningdengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 1–11.
Tahir, T., & Marniati, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Miskonsepsi Matematis Siswa Sd Negeri 1 Lalolae. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 34.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.
Wahida, N., Hartono, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), Vol. 1, No. 1, Juni 2018, 79–90
Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47.
Widaningsih, R., Susanto, H. P., Cahyani, D., & Apriyani, N. (2020). Hubungan antara adversity quotient dan literasi numerasi dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp negeri 1 pacitan tahun pelajaran 2019/2020. 2015, 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education as the publisher of the journal. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document to [email protected]
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.