Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Alat Hitung Sipoa Kelas III SLB-C Dharma Mulia Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022

Sri Lestari Wahyuningsih*  -  SLB-C Dharma Mulia Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan prestasi belajar siswa tunagrahita melalui penggunaan alat hitung Sipoa di SLB-C Dharma Mulia Semarang pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siswa kelas 3 SLB-C Dharma Mulia Semarang tahun ajaran 2021/2022 yang memiliki skor matematika kurang dari enam. Penelitian dilakukan selama semester 1, mulai dari Oktober hingga Desember 2021, dengan menggunakan model desain alur dari Kemmis dan Taggart yang melibatkan dua siklus tindakan. Langkah-langkah penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang, yang menjadi dasar untuk tindakan perbaikan berikutnya hingga mencapai hasil yang lebih baik. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumen, dan dianalisis menggunakan model analisis alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat hitung Sipoa dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SLB-C Dharma Mulia Semarang tahun ajaran 2021/2022. Selain itu, penggunaan alat hitung ini juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, mempermudah pemahaman materi ajar, dan memudahkan guru dalam penyampaian materi pembelajaran.

Kata kunci: alat hitung sipoa, prestasi belajar, siswa kelas III SLB-C Dharma Mulia Semarang.

  1. Basrowi dan Suwandi. (2008) Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
  2. Edu. (2003). Cara Mudah Belajar Sipoa. Jakarta: Gramedia.
  3. Kristiawati, K. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Berhitung Melalui Penggunaan Media Sempoa Siswa Kelas III SD Inpres Buttatianang. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(2), 221-229.
  4. Masidjo, I. (2005). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Kanisius.
  5. Munzayanah. (2000). Tunagrahita. Surakarta: PLB-FKIP UNS.
  6. Mulyono, A. (1992). Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud.
  7. Sari, R. P., Ardiansyah, F., Salsabilla, S., & Hidayati, I. W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas I dengan Menggunakan Media Pembelajaran Sempoa di SDN 17/I Rantau Puri. Tsaqofah Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(4), 603-609.
  8. Sanjaya, C. (2001). Pengaruh Metode Penggunaan Alat Konkret Sebagai Sarana Belajar Terhadap Minat Pada Bidang Studi Matematika. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya.
  9. Sempoa Mania. (n.d.). Mendidik Anak: Tak Cukup Hanya Mengenal Angka. Online at https://sempoamania.tripod.com/artikel.htm/2019/01/artikel.htm, diakses Juli 2021.
  10. Siswanto. (1997). Mental Aritmatika Sipoa. Jakarta: Gramedia.
  11. Sutralinah, T. (2000). Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bima Aksara.
  12. Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Open Access Copyright (c) 2023 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps