Pengembangan Bahan Ajar Billingual Pengantar Dasar Matematika Berbasis Unity of Sciences dan Local Wisdom
DOI:
https://doi.org/10.21580/square.2023.5.2.20786Abstract
Penelitian ini merupakan studi pengembangan yang bertujuan untuk merancang dan menguji bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika yang berfokus pada pendekatan unity of sciences dan local wisdom, dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa secara valid. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi dari empat ahli menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut memenuhi kriteria validitas dengan skor rata-rata 4.1225. Dengan tingkat kepraktisan mencapai 82.14%, buku ajar ini juga dinilai praktis dengan rata-rata skor 3.28. Analisis tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar, dengan peningkatan sebesar 30.26%. Skor n-gain sebesar 0.304 menunjukkan peningkatan pemahaman yang sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Secara keseluruhan, bahan ajar tersebut dianggap valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.
Kata Kunci: bahan ajar bilingual, unity of science, local wisdom
Downloads
References
Abdussakir. (2009). Pentingnya Matematika dalam Pemikiran Islam. Seminar Internasional "The Role of sciences and Technology in Islamic Civilization". Malang.
Aldoobie, Nada. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Reseach Vol. 5, No. 6, 68.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Crerar, Bonnie Amonge; Dr. Neeta Kalita Barua, (2015), Critical Thinking Skills In Teacher Education: Need And Strategies: American Research Thoughts.
Erman Suherman, dkk. (2003). Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fanani, Muhyar, dkk. (2014). Transformasi Paradigma dan Implikasinya pada Desain Kurikulum Sains: Studi atas UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga dan UIN Maliki. Laporan Penelitian Kolektif, 4-6.
Huitt. W. (1992). Problem solving and decision making: Consideration of individual differences using the Myers-Briggs Type Indicator. Journal of Psychological Type,24,33-44.tersedia dalam: http://chiron.valdosta.edu/whuitt/papers/prbsmbti.html. diakses 10 maret 2017.
Kusumah, Yaya S., (1986), Logika Matematika Elementer,Bandung.
McGriff, S.J. (2000). Instructional System Design (ISD) Using The ADDIE Model. Journal college of Education, 2.
Munir, Rinaldi, (2005), Matematika Diskrit, Bandung: Informatika Bandung.
Nata, Abuddin. (2005). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Negoro, St. dan B. Harahap, Ensiklopedia Matematika, (2003), Bogor: Pt Ghalia Indonesia.
Purwanto, Heri,dkk, (2006). Matematika Diskrit, Jakarta: Ercontara Rajawali.
Rahyono, F.X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.
Rosidi, A. (2011). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Siswadi, Taruna, T., & Purnaweni, H. (2011). Kearifan lokal dalam melestarikan mata air (studi kasus di desa purwogondo, kecamatan boja, kabupaten Kendal). Jurnal Ilmu Lingkungan, Vol. 9, No. 2, Pg. 64
Supyani, (2009), Konsep Dasar Matematika, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Islam Republik Indonesia.
Swaditya Rizki dan Reni Widiyanti, (2017), Pengembangan Bahan Ajar Logika Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam.
Tamponas, Husein. (2007). Seribu Pena Matematika.Erlangga: Jakarta.
Untoro, Joko, (2007), Rumus Lengkap Matematika SMA, Kawahmedia:Jakarta.
Wirodikromo, Sartono. (2007).Matematika SMA Kelas XI, Erlangga:Jakarta
Yahya, Yusuf, Matematika Dasar Perguruan Tinggi, (2010), Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education as the publisher of the journal. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document to [email protected]
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.