Pengembangan Bahan Ajar Billingual Pengantar Dasar Matematika Berbasis Unity of Sciences dan Local Wisdom

Yulia Romadiastri*  -  Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini merupakan studi pengembangan yang bertujuan untuk merancang dan menguji bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika yang berfokus pada pendekatan unity of sciences dan local wisdom, dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa secara valid. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi dari empat ahli menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut memenuhi kriteria validitas dengan skor rata-rata 4.1225. Dengan tingkat kepraktisan mencapai 82.14%, buku ajar ini juga dinilai praktis dengan rata-rata skor 3.28. Analisis tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar, dengan peningkatan sebesar 30.26%. Skor n-gain sebesar 0.304 menunjukkan peningkatan pemahaman yang sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Secara keseluruhan, bahan ajar tersebut dianggap valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

Kata Kunci: bahan ajar bilingual, unity of science, local wisdom

  1. Abdussakir. 2009. Pentingnya Matematika dalam Pemikiran Islam. Seminar Internasional "The Role of sciences and Technology in Islamic Civilization". Malang.
  2. Aldoobie, Nada. 2015. ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Reseach Vol. 5, No. 6, 68.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Cotton, K. (1991). Teaching Thinking Skills. [online]. Tersedia: http://www.nwrel.org/ScPd/Sirs/6/Cu11.html
  5. Crerar, Bonnie Amonge; Dr. Neeta Kalita Barua, 2015, Critical Thinking Skills In Teacher Education: Need And Strategies: American Research Thoughts
  6. Erman Suherman, dkk. 2003. Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
  7. Fanani, Muhyar, dkk. 2014. Transformasi Paradigma dan Implikasinya pada Desain Kurikulum Sains: Studi atas UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga dan UIN Maliki. Laporan Penelitian Kolektif, 4-6.
  8. Hake, Richard R.. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousandstudent survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am. J. Phys. 66(1). Hlm. 64-74.
  9. Huitt. W. 1992. Problem solving and decision making: Consideration of individual differences using the Myers-Briggs Type Indicator. Journal of Psychological Type,24,33-44.tersedia dalam: http://chiron.valdosta.edu/whuitt/papers/prbsmbti.html. diakses 10 maret 2017.
  10. Kumala, Farida Nur dan Prihatin Sulistyowati , Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan Lokal, Universitas Kanjuruhan Malang
  11. McGriff, S.J. 2000. Instructional System Design (ISD) Using The ADDIE Model. Journal college of Education, 2.
  12. Muhyar, Fanani, Unity Of Sciences Sebagai Paradigma Keilmuan Iain Walisongo : Sebuah Bahan Diskusi, Disampaikan dalam Workshop Implementasi Desain Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Berbasis pada Unity of Sciences, Hotel Neocandi, 27 Nopember 2013.
  13. Nata, Abuddin. 2005. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  14. Negoro, St. dan B. Harahap, Ensiklopedia Matematika, 2003, Bogor: Pt Ghalia Indonesia.
  15. Samsudin, Achmad. 2011. Efektivitas Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Media Animasi Komputer Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika.
  16. Sugiyono, dkk. 2015. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  17. Swaditya Rizki dan Reni Widiyanti, 2017, Pengembangan Bahan Ajar Logika Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam.
  18. Umroh, Siti Mukholifatul. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Unity Of Sciences pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII MTs , UIN Walisongo Semarang.

Open Access Copyright (c) 2024 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps