Implementasi Etnomatematika Berbasis Alat Kesenian Rebana untuk Memfasilitasi Kemampuan Matematis Siswa: Systematic Literature Review

Isna Luthfi Atin Nisa'*    -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
Putri Nur Malasari    -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

(*) Corresponding Author

Etnomatematika adalah jalan yang dapat menjembatani antara budaya, pendidikan dan matematika. Kemampuan merupakan kemampuan seoseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan matematis siswa dalam menerapkan ide-ide yang berkaitan dengan etnomatematika rebana sebagai instrumen seni. SLR (Systematic Literature Review) merupakan pendekatan penelitian yang dipilih untuk penelitian ini. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan meneliti setiap publikasi yang berisi penelitian yang sebanding dengan laporan penelitian ini. Sembilan artikel jurnal yang ditemukan di Google Cendekia digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan, etnomatematika alat kesenian rebana efektif untuk memfasilitasi kemampuan matematis siswa.

Kata Kunci: etnomatematika, rebana, kemampuan matematis.
  1. Aliyah, U., & Mulawarman, M. (2020). Kajian Systematic Literature Review (SLR) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme, Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 209. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1759
  2. Andani, L. N., Arfinanti, N., Azka, R., Studi, P., Matematika, G., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). Rebana Sebagai Media Pembelajaran dalam Konsep Luas Lingkaran dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Journal in Mathematics Education, 1(1), 19–26.
  3. Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
  4. Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). 231-Article. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, 1(2), 82–91.
  5. Azizah, K. R., Juliani, V., & Kusuma, O. R. (2022). Kajian Luas dan Volume Alat Musik Rebana Hadroh Menggunakan GeoGebra. November, 201–206.
  6. Cahyono, A. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa Smp. MATHEdunesa, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
  7. Hadi, S., & Palupi, M. (2020). SYSTEMATIC REVIEW: META SINTESIS UNTUK RISET PERILAKU ORGANISASIONAL Organizational Justice As a Driving Force of SMEs Commitment View project Green Human Resources Management: A New Prespective for Company Sustainability in Indonesia View project. https://www.researchgate.net/publication/340610756
  8. Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
  9. Juniarti, A., Jojo, Z., & Prahmana, R. C. I. (2022). Designing the learning trajectory for the topic of circles through a tambourine context. Journal of Honai Math, 5(1), 29–46. https://doi.org/10.30862/jhm.v5i1.239
  10. Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
  11. Kristyasari, Y. S., & Sukoco, H. (2022). Ethnomathematics in ten Indonesian traditional musical instruments. Ethnomathematics Journal, 3(2), 62–73. https://doi.org/10.21831/ej.v3i2.53151
  12. Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & A. (2009). Methods of Systematic Reviews And Meta-Analysis Preferred Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses: The PRISMA statement. Journal of Clinical Epidemiology, 62(10), 1006–1012.
  13. Mu’asaroh, H. P., & Noor, N. L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908
  14. Nisa, H., Choirudin, C., Anwar, M. S., & Wardana, M. R. F. (2023). Implementasi Etnomatemtika Berbasis Alat Kesenian Rebana Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 205–210. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i3.195
  15. Pradhita Lestari, N., & Mulyawati, I. (2024). Ethnomathematical Exploration of Belitung’s Typical Tambourine Musical Instrument. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(3), 843–852. https://doi.org/10.59141/jist.v5i3.939
  16. Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 21–31.
  17. Safitri, E., Anwar, Setiawan, A., Darmayanti, R., & Wardana, M. R. F. (2023). Pinokio dalam Pembelajaran Matematika Materi Geometri untuk Siswa SMP. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.179
  18. Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
  19. Septia, T., Wahyu, R., & Hasanah, Z. (2023). Etnomatematika : Eksplorasi kesenian rebana bagi santri Raudlatul. 7(November), 244–252.
  20. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
  21. Sintia, S., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sman 1 Klari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 143–153. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2225
  22. Suciati, I., & Mailili, W. H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. 7(1), 27–42.
  23. Turmuzi, M., Sudiarta, G. P., & Suharta, G. P. (2022). Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. 06(01), 397–413.
  24. Widarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 1–2.

Open Access Copyright (c) 2024 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps