Institut Agama Islam Negeri Kudus - Indonesia
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5809-292X
Implementasi Etnomatematika Berbasis Alat Kesenian Rebana untuk Memfasilitasi Kemampuan Matematis Siswa: Systematic Literature Review
Etnomatematika adalah jalan yang dapat menjembatani antara budaya, pendidikan dan matematika. Kemampuan merupakan kemampuan seoseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan matematis siswa dalam menerapkan ide-ide yang berkaitan dengan etnomatematika rebana sebagai instrumen seni. SLR (Systematic Literature Review) merupakan pendekatan penelitian yang dipilih untuk penelitian ini. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan meneliti setiap publikasi yang berisi penelitian yang sebanding dengan laporan penelitian ini. Sembilan artikel jurnal yang ditemukan di Google Cendekia digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan, etnomatematika alat kesenian rebana efektif untuk memfasilitasi kemampuan matematis siswa.
Kata Kunci: etnomatematika, rebana, kemampuan matematis.- Aliyah, U., & Mulawarman, M. (2020). Kajian Systematic Literature Review (SLR) Untuk Mengidentifikasi Dampak Terorisme, Layanan Konseling dan Terapi Trauma Pada Anak-Anak. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 209. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1759
- Andani, L. N., Arfinanti, N., Azka, R., Studi, P., Matematika, G., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). Rebana Sebagai Media Pembelajaran dalam Konsep Luas Lingkaran dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Journal in Mathematics Education, 1(1), 19–26.
- Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
- Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). 231-Article. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, 1(2), 82–91.
- Azizah, K. R., Juliani, V., & Kusuma, O. R. (2022). Kajian Luas dan Volume Alat Musik Rebana Hadroh Menggunakan GeoGebra. November, 201–206.
- Cahyono, A. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa Smp. MATHEdunesa, 9(2), 287–296. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p287-296
- Hadi, S., & Palupi, M. (2020). SYSTEMATIC REVIEW: META SINTESIS UNTUK RISET PERILAKU ORGANISASIONAL Organizational Justice As a Driving Force of SMEs Commitment View project Green Human Resources Management: A New Prespective for Company Sustainability in Indonesia View project. https://www.researchgate.net/publication/340610756
- Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
- Juniarti, A., Jojo, Z., & Prahmana, R. C. I. (2022). Designing the learning trajectory for the topic of circles through a tambourine context. Journal of Honai Math, 5(1), 29–46. https://doi.org/10.30862/jhm.v5i1.239
- Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
- Kristyasari, Y. S., & Sukoco, H. (2022). Ethnomathematics in ten Indonesian traditional musical instruments. Ethnomathematics Journal, 3(2), 62–73. https://doi.org/10.21831/ej.v3i2.53151
- Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & A. (2009). Methods of Systematic Reviews And Meta-Analysis Preferred Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses: The PRISMA statement. Journal of Clinical Epidemiology, 62(10), 1006–1012.
- Mu’asaroh, H. P., & Noor, N. L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908
- Nisa, H., Choirudin, C., Anwar, M. S., & Wardana, M. R. F. (2023). Implementasi Etnomatemtika Berbasis Alat Kesenian Rebana Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 205–210. https://doi.org/10.61650/dpjpm.v1i3.195
- Pradhita Lestari, N., & Mulyawati, I. (2024). Ethnomathematical Exploration of Belitung’s Typical Tambourine Musical Instrument. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(3), 843–852. https://doi.org/10.59141/jist.v5i3.939
- Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 21–31.
- Safitri, E., Anwar, Setiawan, A., Darmayanti, R., & Wardana, M. R. F. (2023). Pinokio dalam Pembelajaran Matematika Materi Geometri untuk Siswa SMP. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.179
- Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
- Septia, T., Wahyu, R., & Hasanah, Z. (2023). Etnomatematika : Eksplorasi kesenian rebana bagi santri Raudlatul. 7(November), 244–252.
- Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
- Sintia, S., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sman 1 Klari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 143–153. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2225
- Suciati, I., & Mailili, W. H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. 7(1), 27–42.
- Turmuzi, M., Sudiarta, G. P., & Suharta, G. P. (2022). Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. 06(01), 397–413.
- Widarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 1–2.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.