Proses Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Statistika

Authors

  • Saminanto Saminanto Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Muji Suwarno Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Septianah Septianah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Aistafania Aistafania Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.21580/square.2024.6.2.23575

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan statistika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan 25 siswa dari kelas VII-D SMP Negeri 16 Semarang. Instrumen penelitian terdiri dari permasalahan matematika yang berkaitan dengan Statistika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis serta wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sebanyak 16% siswa memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi, 72% siswa memiliki kemampuan penalaran matematis sedang, dan 12% siswa memiliki kemampuan penalaran matematis rendah. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran kelompok bawah terkendala dengan proses menyajikan pernyataan matematika melalui lisan, gambar, sketsa atau diagram; mengajukan dugaan; melakukan pemeriksaan kesahihan suatu argumen; dan kurangnya pemahaman konsep matematis siswa.. Implikasi dari temuan pada penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di tingkat sekolah menengah pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adegoke, B. A. (2013). Modelling the relationship between mathematical reasoning ability and mathematics attainment. Journal of Education and Practice, 4(17), 54–61.

Aditya, D. Y., Solihah, A. S. A., & Habibie, M. T. (2022). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4762–4771.

Ahdhianto, E., & Santi, N. N. (2020). The Effect of Metacognitive-Based Contextual Learning Model on Fifth-Grade Students’ Problem-Solving and Mathematical Communication Skills. European Journal of Educational Research, 9(2), 753–764.

Arikunto, S. (2010). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Al Fabet, Bandung, 22.

Choe, K. W., Jenifer, J. B., Rozek, C. S., Berman, M. G., & Beilock, S. L. (2019). Calculated avoidance: Math anxiety predicts math avoidance in effort-based decision-making. Science Advances, 5(11), eaay1062.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa SMP terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296.

Godoy, T. C. G., Reyes-Santander, P., & Ayarza, R. O. (2021). Mathematical knowledge and overall practice in initial teacher education of early childhood teachers. Revista Brasileira de Educação, 26.

Haryanto, J. S. L., Soetedjo, K. A., Gevino, F., Horison, I., & Singgih, T. A. (2023). Top 10 Skills for Future Accountants in Digital Age (Indonesian Version). Ridwan Sanjaya.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama, 7.

Hernández, R. V., Rodríguez, E. R., & Mariño, L. F. (2023). Initial Conceptions in the Statistical Reasoning and Modeling Processes in Engineering Students. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 1005–1018.

Heryani, Y., Kartono, K., Dewi, N. R., & Wijayanti, K. (2021). Pengaruh Metode Mnemonik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Daya Ingat. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 449–454.

Kaur, B. (2019). The why, what and how of the ‘Model’method: A tool for representing and visualising relationships when solving whole number arithmetic word problems. ZDM, 51(1), 151–168.

Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12.

Kipper, L. M., Iepsen, S., Dal Forno, A. J., Frozza, R., Furstenau, L., Agnes, J., & Cossul, D. (2021). Scientific mapping to identify competencies required by industry 4.0. Technology in Society, 64, 101454.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di sman 6 malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.

Luque, E. A. C., Quirova, Y. A., Hinostroza, E. H., & Huamán, F. V. R. (2022). Importance Of Mathematical Skills In Education. Resmilitaris, 12(3), 3719–3731.

Maass, K., Geiger, V., Ariza, M. R., & Goos, M. (2019). The role of mathematics in interdisciplinary STEM education. Zdm, 51, 869–884.

Maslihah, S., Waluya, S. B., & Suyitno, A. (2020). The role of mathematical literacy to improve high order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1), 12085.

Mordue, T., & Moss, O. (2023). Representational affectivities in nature-based leisure: the case of game-angling. Leisure Studies, 1–14.

Prajono, R., Rahmat, R., Maryanti, E., & Salim, S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208–218.

Presmeg, N. (2020). Semiotics in mathematics education. Encyclopedia of Mathematics Education, 766–770.

Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 42088.

Robertson, S.-A., & Graven, M. (2020). Language as an including or excluding factor in mathematics teaching and learning. Mathematics Education Research Journal, 32(1), 77–101.

Siagan, M. V, Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340.

Tashtoush, M. A., Wardat, Y., Aloufi, F., & Taani, O. (2022). The effect of a training program based on TIMSS to developing the levels of habits of mind and mathematical reasoning skills among pre-service mathematics teachers. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(11), em2182.

Tristanti, L. B. (2019). The process of thinking by prospective teachers of mathematics in making arguments. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(1), 17–24.

Wang, W., Wang, X., & Chen, G. (2023). Survey and analysis of the statistical reasoning among high school students in China and Dutch. Journal of Mathematics Education, 15–26.

Weiland, T., & Engledowl, C. (2022). Transforming curriculum and building capacity in K–12 data science education.

Winarso, W. (2014). Membangun kemampuan berfikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan induktif, deduktif dan induktif-deduktif dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).

Wittmann, E. C., & Wittmann, E. C. (2021). Developing mathematics education in a systemic process. Connecting Mathematics and Mathematics Education: Collected Papers on Mathematics Education as a Design Science, 191–208.

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles