Penerapan Strategi Brain-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4038Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan strategi Brain-Based Learning berbantuan Geogebra lebih dari KKM (70) dan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan strategi Brain-Based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi dari kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan cara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan strategi Brain-Based Learning berbantuan Geogebra lebih dari 70 serta ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Brain-Based Learning Berbantuan Geogebra.
Kata Kunci : Brain-Based Learning, Geogebra, Kemampuan Berfikir KreatifDownloads
References
Hidayati, D.W., & Kurniati, L. 2018. The Influence Of Self Regulate Learning To Mathematics Critical Thinking Ability On 3D-Shapes Geometry Learning Using Geogebra. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1). http://e journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/2965
Isman M. Nur. 2016. Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1) http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/viewFile/236/188
Kusumah, Y.S, 2003. Desain dan Pengembanagan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah terdapat Pada Seminar Proceding National Seminar on Science and Math Education. Seminar diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA
Lestari, K.E. 2014. Implementasi Braind Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berfikir serta motivasi belajar siswa SMP. Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA), 2(1)
Nur, I.R.D. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Da’n Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain-Based Learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1) https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/234
Putra, H. D & Purwasih, R. 2015. Meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan mahasiswa melalui project Based Learning. Jurnal ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, No. 2(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/12473/7947
Rakhmad, J. 2005. Belajar Cerdas: Belajar berbasis otak. Bandung: mizan Learning Center (MLC)
Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non- eksakta, Bandung: Tarsito
Wahyuni, A., & Kurniawan, P. 2018. Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teori Dan Terapan Matematika. 17(2). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4114
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education as the publisher of the journal. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document to [email protected]
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.