Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Jahring Jahring*  -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
Chairuddin Chairuddin  -  Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini dirancang untuk membahas informasi dan analisis tentang gaya belajar mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka agar dapat menjadi pertimbangan awal bagi setiap pengajar dalam mengembangkan perkuliahan. Sedangkan variabel yang akan dilepaskan adalah gaya belajar mahasiswa (modalitas), yang terbagi menjadi dua aspek yaitu unimodal (V, A, R, K) dan multimodal, termasuk bimodal (VR, VA, VK, RK), trimodal (VRK, VAK, VAR, ARK), dan quadmodal (VARK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi modalitas mahasiswa tergolong pada gaya belajar multimodal jenis quadmodal.

Kata Kunci : Modalitas Belajar, VARK, Unimodal, Multimodal, Gaya Belajar 
  1. Chatib, Munir. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.
  2. Damayanti, A.K & Pratitis, N.T. (2012). Gaya Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Jenis Kelamin. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1, No. 2, September. Pp. 88-98.
  3. De Porter, Bobbi, & Hernacki, Mik. (2007). Quantum Learning. Diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa PT. Mizan Putra.
  4. Dobson, J.L. (2010). A Comparison Between Learning Style Preference and Sex, Status, and Course Performance. Advances in Physiology Education, 34, pp. 197-204. doi:10.1152/advan.00078.2010.
  5. Fathoni, Abdurrahman. (2006). Sumber Daya Manusia, Bandung: Rineka Cipta
  6. Fleming, Neil D & David Baume. (2006). Learning Style Again: VARKing up the right tree!. Educational Developments SEDA Ltd. Issue 7.4. (4-7).
  7. Fleming, N. D. (2011). VARK a Guide to Learning Style. © Copyright Version 7.1 held by Neil D. Fleming, Christchurch, New Zealand. http://vark-learn.com/the-vark-questionnaire/.
  8. Gunawan, Adi W. (2006). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Pustaka Utama.
  9. Koentjaraningrat. (1993). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  10. Malik, U.K., Emilia, O., Rahayu, R.G., Ibrahim, J. 2017. Aplikasi Gaya Belajar pada Kegiatan Belajar Mandiri Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan MAGNA MEDICA. Vol. 1 No. 4 Agustus 2017, 25-32.
  11. Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  12. Othman, N. & Amiruddin, M.H. (2010). Different Perspectives of Learning Style from VARK Model. International Conference on Learner Diversity 2010. Procedia Social and Behavioral Sciences 7(C) (2010) 652-660. doi:10.1016/j.sbspro.2010.10.088.Published by Elsevier Ltd.
  13. Papilayah, J.O., & Huliselen, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip Vol. 15 No. 1 April 2016, 56–63.
  14. Shah,K., Ahmed, J., Shenoy N., Srikant N. (2013). How different are students and their learning style?. International Journal of Research in Medical Sciences. Int J Med Sci. 2013 Aug: 1(3): 101-104. doi:10.5455/2320-6012.ijrms20130808.
  15. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps