Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Syaiful Umam*  -  Universitas Ivet, Indonesia
Arie Wahyuni  -  Universitas Ivet, Indonesia
Destia Wahyu Hidayati  -  Universitas Ivet, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran Pair Check berbasis Etomatematika dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam peneitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Dawe Kudus tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji T dengan sig (0,05) didapatkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen telah mencapai nilai ketuntasan 70 dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Pair Check, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah 
  1. Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan model pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3).
  2. Anni & Rifa’i. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
  3. Effendhi. A. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Dan Curiosity Pada Pokok Bahasan Phytagoras Siswa Kelas 81 SMP NEGERI 1 Tambakromo Melalui Pembelajaran Group Investigation dengan Bantuan Aplikasi Tari Geogebra Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Karya Pendidikan Matematika4(1): 43-54.
  4. Fajriyah, E. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
  5. Fitri, R., Helma, dan H. Syarifuddin. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):18-22.
  6. Hafidhah, T, S., Mardiyana, dan B. Usodo. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Pairs Check (PC) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Fungsi Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(1): 79-91.
  7. Hidayah, A., V. D. Mawarsari, dan M. Prihaswati. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 3(1): 39-47.
  8. Hidayati, D. W. 2017. Diagnosa Kesulitan Metacognitive Awereness Terhadap Proses Pemecahan Masalah Matematika. JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 206-217
  9. Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Irawan, A., & Kencanawaty, G. 2017. Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.
  11. Kuslaila, M., Ningsih, E. F., & Kusumaningtyas, W. 2018. Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Checks Pada Materi Pokok Segitiga Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. JIPMat, 2(2).
  12. Lestari, R. 2012 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Social Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8. FMIPA UNNES Semarang, 190-194.
  13. Pradhini, G. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Siswa SMA melalui Strategi REACT. Skripsi. STKIP Siliwangi bandung.
  14. Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
  15. Supardi, U.S. 2015. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262.
  16. Triwigati, I. R., I. J. Suprayitno, dan M. Prihaswati. Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check For Make A Match dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 3(1): 9-16.
  17. Wahyuni, A. 2017. Korelasi Antara Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1)
  18. Wahyuni, dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  19. Wahyuni, I. 2015. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.
  20. Yulianti, W., D. Sulistyaningsih, dan V. D. Mawarsari. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Preview Question Read Reflect Recite Review dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Geometri Kelas X. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 3(1): 27-38.
  21. Yulita, S. R. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 36-44.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps