Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Collaborative Learning dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Media Macroflash 8

Authors

  • Ika Nur Janah Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3952-0399
  • Rida Fironika Kusumadewi Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Nuhyal Ulia Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4096

Abstract

Kemampuan berfikir kritis matematis merupakan kemampuan berfikir dalam menyelesaikan suatu masalah yang melibatkan pengetahuan, penalaran, dan pembuktian matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan berfikir kritis matematis siswa kelas V SD Negari Sembungharjo 01 masih rendah. Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar kemampuan berfikir kritis matematis siswa berkembang setelah pembelajaran dengan model collaborative learning berpendekatan open-ended berbantuan media macroflash 8. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berfikir kritis matematis siswa kelas eksperimen menggunakan model collaborative learning berpendekatan open-ended berbantuan media macroflash 8 lebih baik atau sama terhadap siswa kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori, dibuktikan dengan hasil -t tabel (-2,034) ≤ t hitung (1,503) ≤ t hitung (2,034) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima diartikan terdapat perbandingan nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada uji-t. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan pembelajaran model collaborative learning berpendekatan open-ended terdapat perbedaan hasil dari sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis matematis.

Kata Kunci: Pembelajaran Collaborative Learning, Open-ended, Macroflash 8, Kemampuan Berfikir Kritis Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ika Nur Janah, Universitas Islam Sultan Agung

orang yang senantiasa bekerja keras

References

Afandi, M. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unissula Press.

Ayon, N. S. (2013). “Collaborative learning in English for specific purposes ( ESP ) courses : Effectiveness and students ’ attitudes towards it”. International Journal of Business and Economic Development, 1(3), 95–108.

Nofijantie, L. (2014). “Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa”. Jurnal Ilmu Tarbiyah. 3(1), 45–71.

Peter, E.(2012). “Critical Thinking: Essence for Teaching Mathematics and Mathematics Problem Solving Skills”, African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5, 39–43.

Stahl, G., et al. (2011) “Computer-Supported Collaborative Learning: An Historical Perspective”. Dalam Cambridge Handbook of the Learning Sciences [Online], 409–26. Tersedia: https://doi.org/10.1145/1124772.1124855 [diunduh 12 Januari 2019]

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-09-16

Issue

Section

Articles