Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs

Dewi Dwi Adiwijayanti*  -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Heni Purwati  -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Sugiyanti Sugiyanti  -  Universitas PGRI Semarang

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument Research Instrument

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses mengingat, di mana seluruh materi ayat (rincian bagian-bagiannya seperti fonetik, waqaf, dan lain-lainnya) harus diingat secara sempurna. Salah satu manfaat menghafal Al-Qur’anadalah penguatan otak dimana mereka harus teliti dan jeli dalam membedakan ayat-ayat yang memiliki kemiripan redaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes berupa tes tertulis prestasi belajar, dan non tes berupa lembar observasi hafalan Al-Qur’an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar  dengan sumbangan efektif sebesar 34,7% sedangkan 65,3% ditentukan oleh faktor lain.

Kata kunci : hafalan Al-Qur’an, prestasi belajar.

Supplement Files

  1. Azwar, S. (2011). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  2. Budiyono. (2016). Statistika. Surakarta. UNS Press.
  3. Ginanjar, M. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur'an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.
  4. Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jambi: Media Akademi.
  5. Mahmudah. (2016). Analisis Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA AL-Amiriyyah BlokAgung Banyuwangi. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 08.
  6. Mustofa, K. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 06.
  7. R.Krathwohl, L. W. (2010). Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Romi, Y. A. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Program Menghafal Al-Qur'an. Fakultas Psikologi, 12, 1-10.
  9. Shirazy, M. A. (2018). Kamus Arab - Indonesia. Victory Inti Cipta.
  10. Subandi, L. C. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al-Qur'an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps