Pengaruh Partikel Nano Zn dan ZnO terhadap Aliran MHD Fluida Nano Pada Lapisan Batas Bola Bermagnet

Yolanda Norasia*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Zulaikha Zulaikha  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Fluida terdiri atas fluida Newtonian dan fluida non-Newtonian. Fluida newtonian adalah fluida yang tidak mengalami perubahan viskositas ketika terdapat gaya yang bekerja terhadap fluida tersebut. Fluida non-Newtonian bersifat sebaliknya dari fluida newtonian. Beberapa contoh fluida newtonian adalah air, minyak, dan etanol. Fluida nano adalah salah satu fluida newtonian yang terdiri atas fluida dasar air dan partikel nano. Partikel nano terdiri atas logam dan oksida logam. Partikel nano berupa logam adalah Zinc yang memiliki simbol Zn. Partikel nano berupa non logam adalah Zinc Oxide yang memiliki simbol ZnO. Pada penelitian ini dibahas mengenai magnetohidrodinamik (MHD) dari aliran fluida nano  dan  yang mengalir melewati bola bermagnet dengan pengaruh konveksi campuran.Pemodelan aliran fluida diperoleh dari persamaan pembangun dimensional yang meliputi persamaan kontinuitas, persamaan momentum, dan persamaan energi. Persamaan pembangun dimensional yang terbentuk ditransformasikan kedalam persamaan non-dimensional.Persamaan non-dimensional kemudian diubah menjadi persamaan similaritas dan diselesaikan menggunakan metode implicit Euler. Hasi lsimulasi menunjukkan bahwa ketika parameter magnetik ditingkatkan, maka kecepatan dan temperature aliran fluida nano Zn-Air dan ZnO-Air mengalami penurunan.Ketika fluida nano Zn-Air dan ZnO-Air dibandingkan, kecepatan aliran fluida nano Zn-Air lebih cepat mengalami peningkatan dibandingkan dengan fluida nano ZnO-Air. Sedangkan untuk profil temperatur, fluida nano ZnO-Air lebih cepat mengalami penurunan temperature dibandingkan dengan fluida nano Zn-Air.

Kata kunci: fluida newtonian, fluida nano, magnetohidrodinamik, implisit euler

  
  1. Akbar, M. Z., Ashraf, M., Iqbal, M. F., & Ali, K.(2016). Heat and Mass Transfer Analysis of Unsteady MHD nanofluid flow through a Channel with Moving Porous Walls and Medium. AIP ADVANCES, 6, 045222.
  2. Kasim, Abdul Rahman Muhd. (2014). Convective Boundary Layer flow of Viscoelastic Fluid (Thesis tidak dipublikasikan). Universiti Teknologi Malaysia.
  3. Mohammad, N. F., (2014), Unstead.yMagnetohydrodynamic Convective Boundary Layer Flow Past a Sphere In Viscous And Micropolar Fluids, (Thesis tidak dipublikasikan) ,Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.
  4. White, F. M., (2011). Fluid Mechanics, Seventh Edition, McGraw-Hill Companies, New York.
  5. Widodo, B., Pemodelan Matematika, ITSpress, Surabaya, 2012
  6. Widodo, B., Arif, D. K., Aryany, D., Asiyah, N., Widjajati, F. A., & Kamiran. (2017). The effect of magnetohydrodynamic nano fluid flow through porous cylinder.AIP ADVANCES, 6, 020069.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps