Pengaruh Penilaian Kinerja dan Kecerdasan Emosional Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.5257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja siswa dan kecerdasan emosional siswa selama proses pembelajaran berdasarkan PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel penelitian berada pada kelas VII-B SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes materi perbandingan, lembar observasi kinerja siswa, dan angket kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel penilaian kinerja terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 4,632 > 4,45 , artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja terhadap hasil belajar sebesar 42,5%; (2) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 5,733 > 4,45, artinya terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 33,6%;(3) berdasarkan uji regresi linear berganda variabel penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 3,672 > 3,59, artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 60,7%.Kata kunci: kecerdasan emosional, penilaian kinerja, Project Based Learning (PjBL).

Author Biographies

Febriana Kristanti, (Scopus ID:57210406929) Universitas Muhammadiyah Surabaya

https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=j3H5bgEAAAAJ

Himmatul Mursyidah, (Scopus ID : 57195419656) Universitas Muhammadiyah Surabaya

https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=xmRu_hkAAAAJ

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 1(1), 45-62.

Ermawati, S., & Hidayat, T. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 92-103.

Goleman, Daniel. (2016). Emotional Intellegence Kecerdasan Emosional. (Hermaya T, Trans.) Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahira. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Pendidikan, 2(1), 22-28.

Meutia, H., Johar, R., & Ahmad, A. (2013). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja untuk Menilai Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(2), 63-70.

Prasetyawati, P. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri se Kota Palu. Katalogis, 4(10), 130-137.

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95-108.

Siti, F., & Suharno, A. (2010). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Bimbingan Konseling Kelompok. Jurnal Majalah Lontar, 24, 1-17.

Solehkhah, I., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD. Jurnal Didakrika Dwija Indria, 6(2), 1-7.

Unengan, I. R., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Implementasi Model Kooperatif TGT dengan Media Ludo Math untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 113-126.

Wulan, A. R. (2008). Penilaian Kinerja dan Portofolio pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-6.

Downloads

Published

2020-10-30

Issue

Section

Articles