Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5323

Abstract

Koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika. Dengan kemampuan koneksi, siswa dapat menghubungkan antar konsep matematika, antara konsep matematika dengan ilmu lain dan dengan dunia nyata. Artikel ini berisi hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran di kelas pada materi logaritma. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam bentuk observasi dan analisis pada pelaksanaan pembelajaran dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN Taruna Nala Malang sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada proses pembelajaran di kelas. Data hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa dapat mengaitkan materi logaritma dengan materi matematika yang lain serta dapat mengaitkan materi matematika dengan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: pembelajaran matematika, koneksi matematis, logaritma.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bell, Frederick H. (1978). Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. Cetakan kedua. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers.

Bergeson, T. (2000). Teaching and Learning Mathematics: Using Research to Shift From the “Yesterday” Mind to the “Tommorow” Mind. [Online]. Tersedia: www.k12.wa.us.

Hodgson, T.(1995). Connections as Problem-Solving Tools dalam Connecting Mathematics across the Curriculum. Editor: House, P.A. dan Coxford, A.F. Reston, Virginia: NCTM.

NCTM. (2000). Principle and Standard for School Mathematics.

Suherman, Erman & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Siregar, N.D. & Surya, E. (2017). Analysis of Students’ Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Vol. 33, No 2, pp 309-320.

Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S. & Yumiati (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity, 6 (1), 11-20.

Hendriana, H. (2014). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY AND SELF-CONFIDENCE (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/ije.v8i1.1726

Ivorra, B., Ferrández, M. R., Vela-Pérez, M., & Ramos, A. M. (2020). Mathematical modeling of the spread of the coronavirus disease 2019 (COVID-19) taking into account the undetected infections. The case of China. Communications in Nonlinear Science and Numerical Simulation, 88(PG-105303-105303), 105303. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1016/j.cnsns.2020.105303

Kim, S., & Jung, E. (2019). Prioritization of vaccine strategy using an age-dependent mathematical model for 2009 A/H1N1 influenza in the Republic of Korea. Journal of Theoretical Biology, 479, 97–105. https://doi.org/10.1016/j.jtbi.2019.07.011

Lelu, A. M., & Kurniawati, C. (2017). The Ability of Mathematical Connections On The Sum Of Triangle Angles By Using Problem-Based Learning For Junior High School Student. Proceedings The 2017 International Conference on Research in Education - Sanata Dharma University, 2008, 182–192.

Menanti, H., Sinaga, B., & Hasratuddin, D. (2018). Improve Mathematical Connections Skills with Realistic Mathematics Education Based Learning. 200(Aisteel), 29–35. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.7

Rudokas, K., Landauskas, M., Gražulevičiūtė-Vilneiškė, I., & Viliūnienė, O. (2019). Valuing the socio-economic benefits of built heritage: Local context and mathematical modeling. Journal of Cultural Heritage, 39, 229–237. https://doi.org/10.1016/j.culher.2019.02.016

Sigal, D., Przedborski, M., Sivaloganathan, D., & Kohandel, M. (2019). Mathematical modelling of cancer stem cell-targeted immunotherapy. Mathematical Biosciences, 318, 108269. https://doi.org/10.1016/j.mbs.2019.108269

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles