Analisis Kualitas Soal Ujian Statistika Menggunakan Classical Test Theory dan Rasch Model

Authors

  • Jerhi Wahyu Fernanda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Noer Hidayah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5363

Abstract

Penilaian merupakan akhir dari proses pembelajaran yang dapat dilakukan melalui ujian. Soal yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik. Classical Test Theory (CTT) dan Rasch model merupakan analisis statistika untuk menganalis butir soal. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil analisis terhadap 50 soal menggunakan metode CTT, didapatkan hasil bahwa hanya 21 soal yang memenuhi kriteria item difficulty dan item discriminant. Analisis Rasch model, memberikan informasi bahwa secara keseluruhan kualitas soal dikatakan baik berdasarkan pola kurva item information function. Analisis ini juga memberikan informasi terdapat 42 soal yang layak karena memenuhi kriteria item fit, dan 8 soal yang harus dievaluasi lagi. Analisis menggunakan Rasch model lebih baik dibandingan dengan CTT, sehingga 8 soal yang tidak layak berdasarkan analisis tersebut harus dievaluasi dengan mengubah bentuk studi kasus pada soal tersebut dan membuat inovasi metode pembelajaran terkait materi pada 8 soal tersebut.

Kata kunci: analisis soal, Classical Test Theory, Rasch model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blömeke, S., & Gustafsson, J.-E. (2017). Standard Setting in Education. Springer International Publishing.

Danuwijaya, A. A. (2018). ITEM ANALYSIS OF READING COMPREHENSION TEST FOR POST-GRADUATE STUDENTS. Journal of English Education, 7(1). https://doi.org/10.25134/erjee.v7i1.1493.Received.

Finch, W. H., & French, B. F. (2019). Educational and Psychological Measurement (First publ). New York: Taylor & Francis.

Friyatmi, Mardapi, Djemari., H. (2019). Determining Test Length Precision for Economics Testing : The Implementation of IRT Model for Classroom Assessment. Advances in Economics, Business and Management Research, 64, 317–325.

Furr, R. M., & Bacharach, V. R. (2014). Psychometrics. An Introduction (Second Edi). London: SAGE Publications, Inc.

Kusumawati, M., & Hadi, S. (2018). An analysis of multiple choice questions ( MCQs ): Item and test statistics from mathematics assessments in senior high school. REiD (Research and Evaluation in Education), 4(1), 70–78. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/reid

Price, L. R. (2017). Psychometric Methods. Theory into Practice. (D. A. Kenny, Ed.). New York London: THE GUILFORD PRESS.

Rao, C., L, K. P. H., Sajitha, K., Permi, H., & Shetty, J. (2016). Item analysis of multiple choice questions : Assessing an assessment tool in medical students. International Journal of Educational and Psychological Researches, 2–5. https://doi.org/10.4103/2395-2296.189670

Suryani, Y, E. (2017). Pendahuluan Desentralisasi pendidikan secara res- mi dimulai dengan diberlakukannya Un- dang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 ten- tang Sistem Pendidikan Nasional . Menurut didikan muncul dan berkembang sebagai bagian dari agenda besar global tentang de- mokrat. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 142–152.

Susongko, P. (2016). VALIDATION OF SCIENCE ACHIEVEMENT TEST WITH THE RASCH MODEL. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 268–277. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7690.

Talib, A. M., Alomary, F. O., & Alwadi, H. F. (2018). Assessment of Student Performance for Course Examination Using Rasch Measurement Model : A Case Study of Information Technology Fundamentals Course. Education Research International, 2018.

Zanon, C., Hutz, C. S., Yoo, H. H., & Hambleton, R. K. (2016). An application of item response theory to psychological test development. Psicologia: Reflexão E Crítica, 29(18). https://doi.org/10.1186/s41155-016-0040-x.

Downloads

Published

2020-04-29

Issue

Section

Articles