Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5380Abstract
Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mendapatkan desain pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman kelas IX. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan tabung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang meliputi define, design, develop, dan dissemination. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata total skor 190,33 untuk RPP dan 297,5 untuk LKS. Berdasarkan pada hasil pengisian angket respon siswa dan angket respon guru dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dalam penggunaannya dengan rata-rata total skor 91,1 untuk angket respon siswa dan jumlah 84 untuk angket respon guru. Sedangkan, berdasarkan pada hasil pengisian observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang yang sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 94,87% dan persentase ketuntasan siswa 95 %.
Kata kunci: matematika realistik, perangkat pembeljaran, tabung.
Downloads
References
Depdiknas. (2006). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
Depdiknas, (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta:Direktorat Pembinaaan SMA.
Harijanto, M. (2007). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika. 2(1):216-226.
Marpaung, Y & Julie, H. (2011). PMRI DAN PISA: Suatu Usaha Peningkatan Mutu Pendidikan Matematika di Indonesia. [Online]. http://www.usd.acid/fakultas/pendidikan/pen_matematika/f113/PMRI%20dan%20Pisa.pdf. [30 September 2017].
Muclich, M. (2007). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan: Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawasan Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, dan Guru. Jakarta. Bumi Aksara.
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathemarics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. [Online].http://www.pisa.oecd.org. [3 September 2017].
OECD. (2017). PISA 2016 Assessment and Analytical Framework: Mathemarics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. [Online]. http://www.pisa.oecd.org. [30 September 2017].
Purwanto, N. M. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta Cv.
Suhadi. (2007). Penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson Study. Disajikan pada Pelatihan Lesson Study untuk Guru SMP Se-Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2007.
Suwaji, U. S. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang dan Alaternatif Pemecahannya. Yogyakarta:PPPPTK Matematika.
Walle, J, A, Van de. (2006). The Van de Welle Professional Mathematics Teaching Student-Center Mathematics. Bosto: Person Allyn and Bacon.
Widoyoko, E. P. S. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pembelajaran.
Wijaya, Aryadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education as the publisher of the journal. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document to [email protected]
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.