Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika yang Mengikuti Les Lembaga Bimbel dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Les Lembaga Bimbel

Arifin Adi Nugroho*  -  SMA Negeri 2 Bae Kudus, Indonesia
Destia Wahyu Hidayati  -  Universitas Ivet, Indonesia
Lenny Kurniati  -  Universitas Ivet, Indonesia

(*) Corresponding Author

Representasi matematika merupakan suatu hal yang selalu muncul ketika orang mempelajari matematika, dengan demikian representasi matematis perlu mendapat penekanan dan dimunculkan dalam proses pengajaran matematika pada materi statistika disekolah. Bimbingan belajar merupakan sarana yang tepat untuk membantu siswa mengatasi masalahnya dalam belajar dan menjadi lebih berprestasi. Tujuan Penelitian ini adalah (1) menentukan siswa yang mengikuti les lembaga bimbel apakah ada perbedaan kemampuan representasi matematis pada soal uraian statistika dengan siswa yang tidak mengikuti les lembaga bimbel, (2) menentukan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti les lembaga bimbel di atas KKM, (3) menetukan faktor apa saja yang membuat kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti les lembaga bimbel dengan siswa yang tidak mengikuti les lembaga bimbel berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek siswa kelas XII IPA 1 terdiri dari 36 siswa dan kelas XII IPA 2 terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian data akhir nilai sig kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti les lembaga bimbel dengan siswa yang tidak mengikuti les lembaga bimbel adalah 0,136, karena nilai sig lebih dari 0,05 sehingga tidak ada perbedaan rata-rata antara siswa yang mengikuti les lembaga bimbel dengan siswa yang tidak mengikuti les lembaga bimbel. Rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang ikut bimbel di atas KKM. Nilai sig (2-tailed) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti les lembaga bimbel adalah 0,350, karena nilai sig(2-tailed) lebih dari 0,05 sehingga tingkat keberhasilan siswa mencapai yang diharapkan. Sedangkan nilai sig(2-tailed) kemampuan representasi matematis siswa yang tidak mengikuti les lembaga bimbel adalah 0,778, karena nilai sig (2-tailed) lebih dari 0,05 sehingga tingkat keberhasilan siswa mencapai yang diharapkan.

Kata kunci: kemampuan representasi matematis, lembaga bimbel.

  1. Abdullah, I. H. (2012). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual yang Terintegrasi dengan Soft Skill. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta: 10 November 2012, 427-436.
  2. Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138.
  3. Danim, S. (2003). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Depdiknas. (2006). Peraturan menteri Nomor 22 tahun 2006, tentang Standar Pendidikan Nasional.
  5. Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 191-212.
  6. Muhibbin, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
  7. Ramziah, Siti. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa kelas X2 SMA N 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Mosharafa. Volume 8 (3):1-10.
  8. Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44.
  9. Saidi, S. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Sinar Pancasila Balikpapan. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2).
  10. Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta: 10 November 2012.
  11. Yusrianti, Y., Yoesoef, A., & Abidin, Z. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas XII di SMA N 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah, 2(4), 104-110.

Open Access Copyright (c) 2020 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus II Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps