Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori

Azis Azis*    -  Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Indonesia

(*) Corresponding Author
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kapontori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kapontori yang berjumlah 53 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dan tes prestasi belajar siswa. Validitas kuesioner menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah: 1) rata-rata data kecerdasan emosional sebesar 77,91 dengan simpangan baku sebesar 9,375 dan 2) rata-rata data tes prestasi belajar matematika sebesar 68.87 berdasarkan hasil analisis inferensial dengan melihat uji normalitas terdapat nilai signifikan kecerdasan emosional dan prestasi belajar sebesar 0,200. nilai konstan sebesar 27,472. Koefisien regresi untuk variabel kecerdasan emosional sebesar 0,524. Sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana y=27,427+0,524x. R Square yang  diperoleh sebesar 0,508 yang menandakan bahwa faktor kecerdasan emosi memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika sebesar 50,8%, sedangkan 49,2% selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat dikatakan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar. Dengan demikian hipotesis H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kapontori.
  1. Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://www.academia.edu/34297758
  3. Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.
  4. Gottman, J., Declaire, J., & Goleman, D. (1998). Raising An Emotionally Intelligent Child The Heart of Parenting. In Simon Schuster Paperbacks. Simon & Schuster.
  5. Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
  6. Rosida, V. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat, 4(2), 87–101. https://doi.org/10.35580/sainsmat4218362015
  7. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  8. Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Bumi Aksara.
  9. Trihendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20 : Analisis Data Statistik. Andi.

Open Access Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps