Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melancholis Siswa SMP

Farida Rahmaningtyas*  -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Heni Purwati  -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Aryo Andri Nugroho    -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis yang ditinjau dari tipe kepribadian sanguinis dan melancholis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa SMP Negeri 22 Semarang kelas VII F pada tahun ajaran 2019/2020. Fokus pemilihan subjek dalam penelitian ini yaitu pada tipe kepribadian sanguinis dan melancholis. Penilitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket tipe kepribadian, tes, wawancara serta dokumentasi untuk mengabadikan semua hal-hal penting yang dilakukan saat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian dianalisis mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis yaitu: 1) menemukan hubungan dari berbagai representasi tentang konsep dan prosedur matematika; 2) memahami hubungan antar topik dalam matematika; 3) mampu menggunakan matematika dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa subjek sanguinis mampu memenuhi semua indikator dan subjek melancholis mampu memenuhi dua indikator yaitu indikator ke 1 dan 2.

  1. Agustina, R., Sujadi, I., & Pangadi. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Penyelesaian Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4), 370-379.
  2. Amalia, S. R., & Widodo, A. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 156 - 160.
  3. Anthony, G., & Walshaw, M. (2009). Characteristics of Effevtive Teaching of Mathematics : A View from the West. Journal of Mathematics Education, 2(2), 147-164.
  4. Arifianti, V., & Ismail. (2018). Profil Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Phlegmatis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 526 - 532.
  5. Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
  6. Bulu, V. R., Budiyono, & Slamet, I. (2015). Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Peluang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Soe. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(9), 970 - 984.
  7. Fitria, C., & Siswono, T. Y. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Dintinjau dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Phlegmatis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3).
  8. Jaenudin, U. (2015). Dinamika Kepribadian (Psikodinamik). CV Pustaka Setia.
  9. Kadir, A. (2015). Rahasia Tipe-Tipe Kepribadian Anak. Diva Press.
  10. Lappan, G., Fey, J. T., Fitzgerald, W. M., Friel, S. N., & Phillips, E. D. (2002). Getting to Know Connected Mathematics : An Implementation Guide . New Jersey: Prentice Hall.
  11. Littauer, F., & Sweet, R. (2016). Personality Plus at Work - Sukses Berkarir dengan Berbagai Karakter di Tempat Kerja. CV. Andi Offset.
  12. Maftuh, M. S. (2015). Profil Berpikir Siswa SMA dengan Tipe Kepribadian Choleris dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Tahun XI, NO. 20, 8.
  13. Otaviana, D., & Susiaty, U. D. (2017). Prestasi Belajar Matematika Dintinjau dari Tipe Kepribadian Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal SAP, 2(2).
  14. Rohendi, D., & Dulpaja, J. (2013). Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practice, Vol. 4(No. 4).
  15. Rustina, R., & Anisa, W. N. (2018). Kontribusi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, 9.
  16. Saminanto, &. K. (2015). Analysis of Mathematical Connection Ability in Linear Equation with One Variabel Based on Connectivity Theory. International Journal of Education and Research, 3(4), 262.
  17. Warih S, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding.
  18. Widiantara, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 106-115.

Open Access Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps