Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkoll Videoscribe

Fiqi Nur Rohman*  -  Universitas Ivet, Indonesia
Lenny Kurniati  -  Universitas Ivet
Ratih Kusumawati  -  Universitas Ivet

(*) Corresponding Author

Video pembelajaran yang dibuat secara khusus dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif. Video pembelajaran cenderung jelas dan lebih mudah dipahami karena didukung dengan aspek audio dan visual. Asumsi tersebut didukung dengan banyaknya software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Video pembelajaran seperti Sparkoll Videoscribe. Sparkoll Videoscribe merupakan sebuah software yang menggabungkan beberapa rangkaian gambar menjadi sebuah video animasi. Sparkoll Videoscribe menyajikan konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga siswa mampu menikmati proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran matematika berbantuan Sparkoll Videoscribe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode Borg & Gall (1983) yang disederhanakan menjadi 6 tahapan yaitu: Research and Information Colecting, Planning, Develop Preliminary form a Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing. Hasil Uji lapangan kepada 28 Siswa SMP didapatkan skor dengan nilai 3,3179 dan berada pada kategori Sangat Baik dengan rentang penilaian antara 1,00 – 4,00. Dapat disimpulkan bahwa Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkoll Videoscribe ini valid dan dapat digunakan sebagai media video pembelajaran.

  1. Basuki, K. H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 79–87.
  2. Borg, W. R., & Gall, M. . (1983). Educational Research: An Introduction. Longman.
  3. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.
  4. Eko Putro, W. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
  5. Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182.
  6. Herliandy, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tennologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
  7. Indriyani, & Ganda Putra, F. (2018). Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol materi Program Linier Metode Simpleks. Desimal : Jurnal Matematika, 1(3), 353–362.
  8. Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. PT Raja Grafindo Persada.
  9. Muhidin, S., & Abdurrahman, M. (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian. CV. Pustaka Setia.
  10. Musyadat, I. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SCRIBE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X MAN BANGIL.
  11. Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Losifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal Of Surgery, 78, 185–193.
  12. Nurfitriyani, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
  13. Purnama, P., Erlidawati, & Nazar, M. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Videoscribe Pada Materi Koloid Untuk Mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3), 253–260.
  14. Purwanto, A., Masduki, A., Fahlevi, M., Mufid, A., Agistiawati, E., Cahyono, Y., & Suryani, P. (2020). Impact ofWork From Home(WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic : An Exploratory Study. International Journal of Advanced Sience and Technology, 29(5), 6235–6244.
  15. Ramadhaniati, R. T., Sunismi, & El Walida, S. (2021). PEMBELAJARAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL (VIDEOSCRIBE) MARETI LIMIT FUNGSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI. JP3, 16(1), 153–161.
  16. Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski. (2020). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS POWTOON. FIBONACCI, 6(1), 77–86.
  17. Sadiman. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. PT Raja Grafindo Persada.
  18. Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
  19. Wahyuni, N., & Sulistiyo, E. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC INTERACTIVE (CD-i) BERBASIS VIDEO SCRIBE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN TKB KELAS X TAV DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Elektro, 6(2), 161–166.
  20. Wulandari, D. A. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKANSPARKOL VIDEOSCRIBEDALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 KERJO TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Universitass Negeri Semarang.

Open Access Copyright (c) 2021 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps