Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung - Indonesia
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dan Self Efficacy
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari self efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Belitang Jaya. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran MASTER, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvesional. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diperoleh hasil dengan kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis, (2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik
- Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.
- Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA), 2(1).
- Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2), 223–236.
- Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
- Musriliani, C., Marwan, M., & Ansari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).
- Negara, S. (2014). Hasan. Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD. Aura Printing & Publishing.
- Novianti, I., Darminto, B. P., & Purwoko, R. Y. (2019). Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Efficacy. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6.
- Putri, I. A. K., Pudjawan, K., & Suditha, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Master terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD 1 Banyuning Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
- Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JIPMat, 1(2).
- Rose, C., & Nicholl, M.J. 2007. Accelerated Learning for the 21st Century. Nuansa.
- Safitri, N. M. D., Kristiantari, M. R., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Media Cerita Rakyat Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 12 Padangsambian. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
- Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Alfabeta.
- Syazali, M. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maole 11 Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Matematis". Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91-98. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.58
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.