library_books Journal History

Jurnal Theologia diterbitkan pertama kali oleh Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo pada tahun 1989. Pada awal sejarahnya, jurnal ini dikelola oleh mahasiswa bersama dengan pihak fakultas untuk menampung gagasan dan pemikiran para dosen dan mahasiswa dan ia dijadikan sebagai media komunikasi keilmuan civitas akademika Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo. Dalam perkembangannya, sekitar tahun 1995an, jurnal ini memisahkan diri pengelolaannya dari mahasiswa dan kemudian dikelola oleh dosen. Sedangkan mahasiswa menerbitkan sendiri wadah ilmiah mereka yang diberi nama IDEA.

Pada awalnya, jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun (dua bulanan) lalu pada akhir 1990an terbit 4 kali dalam setahun. Ketika tahun 2000 untuk pertama kalinya ada akreditasi jurnal/ berkala ilmiah nasional, jurnal Theologia ikut mengajukan akreditasi dan langsung berhasil terakreditasi dengan peringkat C. Setelah terakreditasi untuk pertama kalinya, jurnal Theologia mengubah identitas dirinya menjadi TEOLOGIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin yang menfokuskan scope bidangnya pada bidang ilmu-ilmu yang dikaji di Fakultas Ushuluddin yang meliputi: aqidah-Filsafat, Tafsir-Hadis, Perbandingan Agama, dan Tasawuf. Waktu terbit pun dirubah menjadi dua kali dalam setahun.

Selama rentang waktu dari tahun 2003 sampai 2009 jurnal Theologia selalu berhasil mempertahankan akreditasinya dengan peringkat B. Sayang sekali pada tahun 2012 jurnal Theologia gagal mempertahankan predikatnya sebagai jurnal terakreditasi. Dengan usaha keras para pengelolanya, alhamdulillah pada tahun 2015 jurnal Theologia kembali meraih predikat sebagai jurnal terakreditas (peringkat B) dengan SK MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2/E/KPT/2015.

Seiring dengan perkembangan perjurnalan yang mengharuskan terbit secara online, maka jurnal Theologia pada tahun 2016 mengajukan No ISSN elektronik ke LIPI dan pihak LIPI memberikan masukan bahwa kalau mau tetap mempertahankan volume terbitan (terhitung semenjak terbit pertama kali th 1989), maka jurnal Theologia kembali kepada nama/ titel yang terdaftar di LIPI untuk versi cetaknya yaitu: Jurnal Theologia. Oleh karena itu semenjak 2016, jurnal ini kembali menggunakan nama lama yaitu JURNAL THEOLOGIA sebagai ganti dari Teologia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin sebagaimana yang tercantum dalam SK Menristek Dikti di atas

 

JURNAL THEOLOGIA

FACULTY OF USHULUDDIN & HUMANIORA
State Islamic University of Walisongo
Semarang - Indonesia

 
                                                               
Web
Analytics
View My Stats
apps