Supp. File(s): common.other
Kemenag Temanggung - Indonesia
Peningkatan mutu pendidikan formal sangat ditentukan guru, karena mereka memiliki fungsi dan peran strategis dalam pembangunan pendidikan. Oleh karena itu perlu kinerja guru perlu ditingkatkan. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi pendidikan. Bahan ajar tidak selamanya harus konvensional, namun guru harus melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan Penelitian Tindakan Kepengawasan ini untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pengembangan materi bahan ajar melalui supervisi akademik di MI di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Penelitian tindakan ini dilakukan 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil penelitian ini menunjukkan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %.
Supplement Files
Keywords: Academic Supervision; Teacher Performance; Teaching Materials.