SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGAN MATERI BAHAN AJAR DI MI KECAMATAN PRINGSURAT, KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v7i2.6553Keywords:
Academic Supervision, Teacher Performance, Teaching Materials.Abstract
Peningkatan mutu pendidikan formal sangat ditentukan guru, karena mereka memiliki fungsi dan peran strategis dalam pembangunan pendidikan. Oleh karena itu perlu kinerja guru perlu ditingkatkan. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi pendidikan. Bahan ajar tidak selamanya harus konvensional, namun guru harus melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan Penelitian Tindakan Kepengawasan ini untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pengembangan materi bahan ajar melalui supervisi akademik di MI di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Penelitian tindakan ini dilakukan 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil penelitian ini menunjukkan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Astuti, Suhandi. “Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW.” Scholaria 7, No. 1 (2017): 49–59. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/713.
Hasan, Muhammad Nur. “Upaya Menjadikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Unggul.” Wahana Akademika 2, no. 2 (2015): 75–88. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/380.
Hasyim, Zukhaira; A, Mohamad Yusuf. “Penyusunan Bahan Ajar Pengayaan Berdasarkan Kurikulum 2013 Dan Pendidikan Karakter Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah.” Rekayasa 12, no. 1 (2014): 79–90. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/5590.
Hendarti, Tati. “Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Dalam Menyusun Bahan Ajar Melalui Pendekatan Kontruktivisme.” Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan 2, no. 1 (2015): 46–50. http://www.i-rpp.com/index.php/jptsk/article/view/229/0.
Ibda, Hamidulloh. Guru Dilarang Mengajar! (Refleksi Kritis Paradigma Didik, Paradigma Ajar, Dan Paradigma Belajar). Semarang: CV. Asna Pustaka, 2019.
Ibda, Hamidulloh. Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep Dan Aplikasi. II. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2019.
Irham, M. “Survei Pendidikan Dunia, Indonesia Peringkat 72 Dari 77 Negara.” Viva.Co.Id. 2019. https://www.viva.co.id/arsip/1249962-survei-pendidikan-dunia-indonesia-peringkat-72-dari-77-negara.
Nurmalasari, Ita. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Bisnis Manajemen Di Kabupaten Klaten.” Wahana Akademika 5, no. 2 (2018): 69–85. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/2885.
Rahabav, Patris. “The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers.” Journal of Education and Practice 7, no. 9 (2016): 47–55. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1095817.pdf.
Sugi. Supervisi Kepala Sekolah (Teori Dan Implementasi). Semarang: CV. Asna Pustaka, 2020.
Sugiyono; Wahyu Hardyanto; Masrukan. “Developing Academic Supervision Model Assisted by The Information System Management on Geography Teachers of Senior High School in Pekalongan Regency.” Educational Management 8, No. 1 (2019): 88–96. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/29194.
Suratmi. “Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Bagi Guru Mata Pelajaran IPA Di Kabupaten Ogan Ilir.” Jurnal Pengabdian Sriwijaya 6, no. 2 (2018): 563–70. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpsriwijaya/article/view/6086.
Yusuf, Nurul Zuriah; Hari Sunaryo; Nurbani. “IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal.” Jurnal Dedikasi 13, no. Mei (2016): 39–49. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).