SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGAN MATERI BAHAN AJAR DI MI KECAMATAN PRINGSURAT, KABUPATEN TEMANGGUNG

Nur Makhsun*  -  Kemenag Temanggung, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other

Peningkatan mutu pendidikan formal sangat ditentukan guru, karena mereka memiliki fungsi dan peran strategis dalam pembangunan pendidikan. Oleh karena itu perlu kinerja guru perlu ditingkatkan. Pengembangan bahan ajar merupakan bagian dari proses pengembangan inovasi pendidikan. Bahan ajar tidak selamanya harus konvensional, namun guru harus melakukan beberapa tindakan untuk perbaikan cara pandang, berpikir, sikap, kebiasaan, profesionalisme, maupun perilaku dalam mengajar. Dengan demikian para guru harus memberikan inovasi dalam membuat bahan ajar karena akan berdampak pada kelancaran kegiatan pembelajaran siswa agar tidak cenderung merasa bosan. Tujuan Penelitian Tindakan Kepengawasan ini untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pengembangan materi bahan ajar melalui supervisi akademik di MI di Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung. Penelitian tindakan ini dilakukan 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan standar ideal. Dari 69,25 % pada siklus l, dapat meningkat menjadi 71,65 % pada siklus II, dan siklus ke III meningkat menjadi 85,25%. Hasil penelitian ini menunjukkan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru madrasah dengan ketuntasan mencapai 100 %.

Supplement Files

Keywords: Academic Supervision; Teacher Performance; Teaching Materials.

  1. Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
  2. Astuti, Suhandi. “Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW.” Scholaria 7, No. 1 (2017): 49–59. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/713.
  3. Hasan, Muhammad Nur. “Upaya Menjadikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Unggul.” Wahana Akademika 2, no. 2 (2015): 75–88. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/380.
  4. Hasyim, Zukhaira; A, Mohamad Yusuf. “Penyusunan Bahan Ajar Pengayaan Berdasarkan Kurikulum 2013 Dan Pendidikan Karakter Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah.” Rekayasa 12, no. 1 (2014): 79–90. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/view/5590.
  5. Hendarti, Tati. “Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Dalam Menyusun Bahan Ajar Melalui Pendekatan Kontruktivisme.” Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan 2, no. 1 (2015): 46–50. http://www.i-rpp.com/index.php/jptsk/article/view/229/0.
  6. Ibda, Hamidulloh. Guru Dilarang Mengajar! (Refleksi Kritis Paradigma Didik, Paradigma Ajar, Dan Paradigma Belajar). Semarang: CV. Asna Pustaka, 2019.
  7. Ibda, Hamidulloh. Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep Dan Aplikasi. II. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2019.
  8. Irham, M. “Survei Pendidikan Dunia, Indonesia Peringkat 72 Dari 77 Negara.” Viva.Co.Id. 2019. https://www.viva.co.id/arsip/1249962-survei-pendidikan-dunia-indonesia-peringkat-72-dari-77-negara.
  9. Nurmalasari, Ita. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Bisnis Manajemen Di Kabupaten Klaten.” Wahana Akademika 5, no. 2 (2018): 69–85. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/2885.
  10. Rahabav, Patris. “The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers.” Journal of Education and Practice 7, no. 9 (2016): 47–55. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1095817.pdf.
  11. Sugi. Supervisi Kepala Sekolah (Teori Dan Implementasi). Semarang: CV. Asna Pustaka, 2020.
  12. Sugiyono; Wahyu Hardyanto; Masrukan. “Developing Academic Supervision Model Assisted by The Information System Management on Geography Teachers of Senior High School in Pekalongan Regency.” Educational Management 8, No. 1 (2019): 88–96. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/29194.
  13. Suratmi. “Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Bagi Guru Mata Pelajaran IPA Di Kabupaten Ogan Ilir.” Jurnal Pengabdian Sriwijaya 6, no. 2 (2018): 563–70. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpsriwijaya/article/view/6086.
  14. Yusuf, Nurul Zuriah; Hari Sunaryo; Nurbani. “IbM Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal.” Jurnal Dedikasi 13, no. Mei (2016): 39–49. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136.

Open Access Copyright (c) 2020 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps