IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA DAN SOLUSI PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Devy Eka Angelica*  -  Uneversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Munawir Munawir  -  Uneversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pembelajaran daring/jarak jauh mulai marak diaplikasikan dalam pendidikan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Hal tersebut membawa situasi belajar yang baru bagi pendidikan sehingga memunculkan problematika namun di sisi lain juga melahirkan solusi untuk meredam atau mengatasinya. Salah satu mata pelajaran yang terkena dampak dari pembelajaran daring adalah Pendidikan Agama Islam (PAI) dan perlu segera diteliti karena peran dan urgensinya pada ketiga aspek utama pembelajaran, yakni afektif, kognitif, dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini agar menyadarkan civitas pendidikan akan problematika pembelajaran PAI di masa pandemi dan membantu menanggulanginya dengan solusi menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratori serta metode pengambilan data berupa observasi kegiatan pembelajaran di masa pandemi; wawancara kepada murid, guru dan wali murid; dan dokumentasi. Data yang ditemukan kemudian dianalisis dengan pendekatan psikologi pendidikan agar tepat sasaran, mudah untuk diselidiki dan dianalisis. Hasil penelitian yang ditemukan adalah berbagai problematika pembelajaran PAI di masa pandemi yakni bentuk desain instruksional yang tidak sesuai, self-direction, motivasi belajar murid rendah, murid mengalami gejala psikologi somatis, dan kurangnya konsiderasi terhadap perbedaan individu. Penelitian ini juga menawarkan solusi dengan pendekatan psikologi pendidikan terkait problematika tersebut dengan cara pelatihan penyusunan desain instruksional bagi guru serta menerapkan berbagai teori psikologi pendidikan yaitu teori konstruksivis, psikologi positif, teori moral Kohlberg, dan teori kognitif sosial pada pembelajaran PAI

Keywords: pembelajaran jarak jauh; pendidikan agama Islam; psikologi pendidikan

  1. Ahmed, Oli, Md Zahir Ahmed, Sheikh Md Abu Hena Mostafa Alim, M. D. Arif Uddin Khan, dan Mary C. Jobe. “COVID-19 outbreak in Bangladesh and associated psychological problems: An online survey.” Death Studies 0, no. 0 (11 September 2020): 1–10. https://doi.org/10.1080/07481187.2020.1818884.
  2. Anggraini, Dwi. “PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (3 Oktober 2017): 39–46. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.39-46.
  3. Asfiati. Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Prenada Media, 2020.
  4. Asikin, Jaenal. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Kegiatan Keagamaan Sekolah Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa(Penelitian ini di SMK Prima Mandiri Kramatwatu Kabupaten Serang).” Masters, Universitas Islam Negeri “Sultan Maulana Hasanuddin” BANTEN, 2018. http://repository.uinbanten.ac.id/1846/.
  5. Basar, Afip Miftahul. “Pentingnya Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning Di Masa Pandemi Covid-19.” The International Journal of Pegon : Islam Nusantara Civilization 4, no. 02 (18 Desember 2020): 1–28.
  6. Bickman, Leonard, Leonard Bickman, Debra J. Rog, dan Rog Debra J. Handbook of Applied Social Research Methods. SAGE, 1998.
  7. Burke, Jolanta, dan Gökmen Arslan. “Positive Education and School Psychology During COVID-19 Pandemic.” Journal of Positive School Psychology 4, no. 2 (4 Oktober 2020): 137–39. https://doi.org/10.47602/jpsp.v4i2.243.
  8. Chrispin, Lloyd, Agnes Daney Angela S, Jayaraman R, dan Jothiswaran V. V. “Web-Based Platforms for Virtual Learning.” Biotica Research Today 2, no. 5 Spl. (10 Mei 2020): 184–86.
  9. Dahwadin, dan Farhan Sifa Nugraha. MOTIVASI DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Wonosobo: Penerbit Mangku Bumi, 2019.
  10. Dargahi Nobari, Arash, Malikeh Haj Khan Mirzaye Sarraf, Mahmood Neshati, dan Farnaz Erfanian Daneshvar. “Characteristics of Viral Messages on Telegram; The World’s Largest Hybrid Public and Private Messenger.” Expert Systems with Applications, 12 November 2020, 114303. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.114303.
  11. Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Prenada Media, 2016.
  12. De Houwer, Jan, Dermot Barnes-Holmes, dan Agnes Moors. “What Is Learning? On the Nature and Merits of a Functional Definition of Learning.” Psychonomic Bulletin & Review 20, no. 4 (1 Agustus 2013): 631–42. https://doi.org/10.3758/s13423-013-0386-3.
  13. De Michele, Roberta. “Benefits, drawbacks and psychological impact of online lectures during quarantine due to Covid-19 pandemic.” Dalam Proceedings of the 6th EAI International Conference on Smart Objects and Technologies for Social Good, 257–60. GoodTechs ’20. New York, NY, USA: Association for Computing Machinery, 2020. https://doi.org/10.1145/3411170.3411265.
  14. Dhawan, Shivangi. “Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis.” Journal of Educational Technology Systems 49, no. 1 (1 September 2020): 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018.
  15. Dwi, Briliannur, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdi Mahesa Putra, dan Hidayatur Rahman. “Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2020.
  16. Fahrina, Afrillia, Karla Amelia, dan Cut Rita Zahara. Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru. Syiah Kuala University Press, 2020.
  17. Gumelar, Dian Rachmat, dan Sri Sophiarani Dinnur. “DIGITALISASI PENDIDIKAN HUKUM DAN PROSPEKNYA PASCA PANDEMI COVID-19.” Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Peradilan Islam 1, no. 2 (13 Oktober 2020): 111–22. https://doi.org/10.15575/as.v1i2.9909.
  18. Hariri, Ahmad Hasan. “Analisis Implementasi Dan Problematika Pendekatan Saintik Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kegiatan Belajar Mengajar.” EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya 1, no. 1 (14 Februari 2018): 49–60.
  19. Heale, Roberta, dan Dorothy Forbes. “Understanding Triangulation in Research.” Evidence-Based Nursing 16, no. 4 (1 Oktober 2013): 98–98. https://doi.org/10.1136/eb-2013-101494.
  20. Indrawati, Budi. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (31 Juli 2020): 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261.
  21. Jurianto. “Model Pengembangan Desain Instruksional Dalam Penyusunan Modul Pendidikan Pemustaka (Library Instruction).” Perpustakaan Nasional 24, no. 3 (2017).
  22. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “JDIH Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” 2020. https://jdih.kemdikbud.go.id/?service=srv:04.18jdih&ref=570ej6dfa1611ca6c5de3ac39ace21zv63qd17dgbcl6d7193tc92f4dd14a08662de4d3ob4698996p25bk172a9030hw6c12d0udf1b1daby8aaam5afrs2a9ce5dibxe3&task=2163#.
  23. Khotmawati, Dewi, Anwar Sa’dullah, dan Ahmad Subekti. “PENGARUH PEMBELAJARAN PAI TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELAKSANAKAN SHALAT FARDHU DI SMAI ALMAARIF SINGOSARI.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (15 Juli 2019): 24–28.
  24. Magnis-Suseno, Franz. 12 tokoh etika abad ke-20. Yogyakarta: Kanisius, 2000.
  25. Marbun, Stefanus M. Marbun. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.
  26. Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE, 1994.
  27. Moll, Luis C. Vygotsky and Education: Instructional Implications and Applications of Sociohistorical Psychology. Cambridge University Press, 1992.
  28. Mursyidi, Wathroh. “Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional.” Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (14 Juli 2020): 33–38. https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30.
  29. Nambiar, Depika. “The impact of online learning during COVID-19: students’ and teachers’ perspective” 8, no. 2 (2020).
  30. Nurkholis, Nurkholis. “Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah.” Jurnal PGSD 6, no. 1 (12 Mei 2020): 39–49. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1035.
  31. Pujiasih, Erna. “MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 5, no. 1 (21 Juni 2020): 42-48-42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.
  32. Riadi, Imam, Rusydi Umar, dan Muhammad Abdul Aziz. “Comparative Security Analysis of Web-Based Instant Messaging Applications.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 4, no. 5 (2020). http://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/2213.
  33. Rohyati, Eny, Reni Suryani, Sobar Hikmah, Widuri Mayangsari, dan Yudha Andri Riyanto. “MEMAHAMI PENGELOLAAN SAMPAH PADA PENDIDIKAN USIA DINI MELALUI MORAL REASONING.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP 0, no. 0 (30 Desember 2019): 463-469–469.
  34. Salay, Rahila. “Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL).” INA-Rxiv, 3 Januari 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/ybeux.
  35. Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2015.
  36. Santrock, John W. Educational Psychology. McGraw-Hill Education, 2017.
  37. Sayangan, Yohanes Vianey. “PENDIDIK SEBAGAI DESAINER STRATEGI INSTRUKSIONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (31 Juli 2017): 148–59.
  38. Setiadi, Iman. Psikologi Positif: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. Gramedia Pustaka Utama, 2016.
  39. Singh, Ravinder, dan Soumya Awasthi. “Updated Comparative Analysis on Video Conferencing Platforms- Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx Teams and GoToMeetings,” 16 Agustus 2020. https://wvvw.easychair.org/publications/preprint/Fq7T.
  40. Skager, R. Organizing Schools to Encourage Self-Direction in Learners. Elsevier, 2014.
  41. Slavin, Robert E. Educational Psychology: Theory and Practice- Pearson Etext Access Card. Pearson College Division, 2014.
  42. Sugiyanto, Sugiyanto, Badrun Kartowagiran, dan Jailani Jailani. “PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 19, no. 1 (2015): 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558.
  43. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2008.
  44. Sunaengsih, Cucun. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. UPI Sumedang Press, 2017.
  45. Sutarto, Sutarto. “Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 1, no. 2 (28 Desember 2017): 1–26. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331.
  46. Tambah, Syahraini. Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018.
  47. Tira, Nur Fitria. “Teaching English through Online Learning System During Covid 19.” Pedagogy Journal of English Language Teaching 8 (1 Desember 2020): 138–48. https://doi.org/10.32332/pedagogy.v8i2.
  48. Tobroni. Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam: Dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Kencana, 2018.
  49. Wiyono, Hery Teguh. Taman Literasi Masa Pandemi. CV. Beta Aksara, 2020.

Open Access Copyright (c) 2021 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps