STRATEGI PEMBELAJARAN KEEP ON LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.21580/wa.v8i1.7794Keywords:
strategi pembelajaran, keep on learning, motivasi, hasil belajarAbstract
Kegiatan pembelajaran yang monoton dipandang sebagai problem utama pendidikan. Pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang efektif untuk menjaga motivasi belajar, sebab menjadi penentu hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran keep on learning. Kajian ini merupakan penelitian classroom action research dengan menggunakan spiral model Kemmis & McTaggart dengan mengikuti prosedur pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dengan pengamatan dan tes, divalidasi dengan teknik expert judgement dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran keep on learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa, yang berimplikasi adanya perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa dalam mata kuliah sejarah pendidikan Islam.Downloads
References
Biatun, Noor. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI di MIN 3 Bantul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 5, no. 2 (2020): 253–58.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Hasanah, Uswatun. “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Metode Pqrst (Preview, Question, Read, Summarize, Test) Peserta Didik Kelas V Di Mi Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 14.
Hopkins, David. Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Schunk, Dale H. Learning Theories: An Educational Perspective. Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Sulfemi, Wahyu Bagja, dan Hilga Minati. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri.” JPSD 4, no. 2 (2018): 228–42.
Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).