STRATEGI PEMBELAJARAN KEEP ON LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Faisal Kamal*    -  UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN (UNSIQ) JAWA TENGAH, Indonesia

(*) Corresponding Author
Kegiatan pembelajaran yang monoton dipandang sebagai problem utama pendidikan. Pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang efektif untuk menjaga motivasi belajar, sebab menjadi penentu hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran keep on learning. Kajian ini merupakan penelitian classroom action research dengan menggunakan spiral model Kemmis & McTaggart dengan mengikuti prosedur pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengumpulan data dengan pengamatan dan tes, divalidasi dengan teknik expert judgement dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran keep on learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa, yang berimplikasi adanya perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa dalam mata kuliah sejarah pendidikan Islam.

Keywords: strategi pembelajaran; keep on learning; motivasi; hasil belajar

  1. Biatun, Noor. “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI di MIN 3 Bantul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 5, no. 2 (2020): 253–58.
  2. Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
  3. Hasanah, Uswatun. “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Metode Pqrst (Preview, Question, Read, Summarize, Test) Peserta Didik Kelas V Di Mi Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 14.
  4. Hopkins, David. Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
  5. Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.
  6. Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
  7. Schunk, Dale H. Learning Theories: An Educational Perspective. Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
  8. Sulfemi, Wahyu Bagja, dan Hilga Minati. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri.” JPSD 4, no. 2 (2018): 228–42.
  9. Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
  10. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Open Access Copyright (c) 2021 Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats
apps