MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA BAGI SISWA KELAS X6 SMAN 1 KARANGRAYUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

H Hartono

Abstract


Masalah dalam PTK ini hasil belajar fisika masih rendah. Tujuan penelitian  untuk mengetahui apakah melalui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Karangrayung bagi siswa kelas X6  Semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi pengamatan dengan desain 2 siklus. Hasil penelitian 1) Hasil belajar aspek pengetahuan sebelum tindakan 56%, siklus 1 68% dan siklus 2 88%    2) Hasil belajar aspek keterampilan sebelum tindakan 73%,  siklus 1 80%  dan  siklus 2  100%  3) Hasil belajar aspek sikap jumlah  kategori Amat Baik dan Baik sebelum tindakan 68%, siklus 1 94%  dan siklus 2 100%.


Keywords


hasil belajar pengetahuan, keterampilan, sikap, discovery learning

Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima

Sugandi, Achmad, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima .

Rasyid, Harun dan Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Sulipan. 2011. Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Diakses tanggal 3 Juni 2015 dari https://sulipan.wordpress.com/2011/05/16/metode-pembelajaran-penemuan-discovery-learning/

Sund. 2012. Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Diakses tanggal 3 juni 2015 dari http://ofiick.blogspot.com/2012/11/m0del-pembelajaran-penemuan-terbimbing.html,

Tim Pengembang. 2014. Materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

_______. 2010. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif Di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA .

_______. 2010. Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Psikomotorf Di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA .




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id