GAME EDUKASI HURUF HIJAIYAH USIA TAMAN KANAK-KANAK UNTUK PROGRAM KERJA KARANG TARUNA PERUMAHAN KALIWUNGU INDAH DESA PROTOMULYO KENDAL

Maya Rini Handayani*  -  IAIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Program Karya Pengabdian Dosen (KPD) ini dimaksudkan untuk mengembangkan keahlian dosen IAIN Walisongo dalam membantu mencerdaskan masyarakat diluar lingkungan civitas academica IAIN Walisongo Semarang. Game Edukasi Huruf Hijaiyah merupakan kegiatan KPD yang diperuntukkan bagi anak-anak TK di RT 9 RW 10 desa Protomulyo Kendal. Mengingat di karang taruna tersebut mempunyai salah satu kegiatan yaitu memberikan pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyah secara gratis pada anak-anak TK. Namun kegiatan tersebut mempunyai beberapa kendala seperti masih menggunakan teknik konvensional, kurangnya buku Iqro dan mengatasi kebosanan anak TK dalam belajar.

Hasil akhir/output dari kegiatan KPD ini adalah terciptanya sebuah aplikasi (software game edukasi) pembelajaran huruf Hijaiyah yang animatif, interaktif dan imaginatif untuk anak TK sehingga dalam proses belajar mereka tidak mudah lelah dan bosan dan merubah teknik mengajar remaja karang taruna, bahwa mengajar tidak harus bersifat konvensional namun dapat juga disisipi dengan permainan serta memanfaatkan media teknologi modern seperti laptop dan media audio visual

Keywords: education game, aplication of hijaiyah letters, software engineering

  1. Anonim, Definisi dan Simbol Flowchart.pdf, staffsite.gunadarma.ac.id/rama/index.php?stateid=download, diunduh 2 Februari 2013
  2. Anonim, Multimedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, diakses tanggal 19 Februari 2013
  3. Anonim, Protomulyoo, http://id.wikipedia.org/wiki/Protomulyo,_Kaliwungu_Selatan,_Kendal, diakses tanggal 20 Februari 2013
  4. Anonim, Pedoman Alih Aksara Arab ke Latin, http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_alih_aksara_Arab_ke_Latin, diakses 18 September 2013
  5. Anonim, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu, diakses 2 Juni 2013
  6. Anonim, Waterfall Model, http://en.wikipedia.org/wiki/Waterfall_model, diakses 2 Juni 2013
  7. Chandra, Beranimasi Ria dengan Flash MX, Maxikom, Palembang, 2003
  8. Elsaid, Fairuz ,Analisis Sistem Informasi – Pedoman Membuat Flowchart,http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diunduh 2 Agustus 2013
  9. Fairuz, Analisis Sistem Informasi Pedoman Membuat Flowchart, http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diakses 18 September 2013
  10. Fanani, Ahmad Zainul, Membuat Presentasi Multimedia Mengunakan Macromedia Flash Pro 8, Gramedia, Jakarta, 2007
  11. Ilmu TI dot com, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu/, diunduh 2 Juni 2013
  12. Kamus online, Definisi Transliterasi, http://www.artikata.com/arti-355022-transliterasi.html, diakses 18 September 2013
  13. Kementrian Agama dan Republik Indonesia, Peraturan dan Perundangan, http://lajnah.kemenag.go.id/profil/peraturan-dan-perundangan.html, diunduh 18 September 2013
  14. Maula (Masyarakat Universal Lintas Agama) Blog, Makna Huruf Hijaiyah, http://maulanusantara.wordpress.com/2010/05/05/makna-huruf-hijaiyah/, diunduh 5 Juni 2013
  15. Wijaya, Didik, Tip & Trik Macromedia Flash 5.0 dengan ActionScript, Elex Media, Jakarta, 2002
  16. Wikimap, http://wikimapia.org/5787092/id/Perum-Kaliwungu-indah, diakses tanggal 20 Juni 2013

Open Access Copyright (c) 2016 Maya Rini Handayani

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps