IAIN Walisongo Semarang - Indonesia
GAME EDUKASI HURUF HIJAIYAH USIA TAMAN KANAK-KANAK UNTUK PROGRAM KERJA KARANG TARUNA PERUMAHAN KALIWUNGU INDAH DESA PROTOMULYO KENDAL
Program Karya Pengabdian Dosen (KPD) ini dimaksudkan untuk mengembangkan keahlian dosen IAIN Walisongo dalam membantu mencerdaskan masyarakat diluar lingkungan civitas academica IAIN Walisongo Semarang. Game Edukasi Huruf Hijaiyah merupakan kegiatan KPD yang diperuntukkan bagi anak-anak TK di RT 9 RW 10 desa Protomulyo Kendal. Mengingat di karang taruna tersebut mempunyai salah satu kegiatan yaitu memberikan pembelajaran baca tulis huruf Hijaiyah secara gratis pada anak-anak TK. Namun kegiatan tersebut mempunyai beberapa kendala seperti masih menggunakan teknik konvensional, kurangnya buku Iqro dan mengatasi kebosanan anak TK dalam belajar.
Hasil akhir/output dari kegiatan KPD ini adalah terciptanya sebuah aplikasi (software game edukasi) pembelajaran huruf Hijaiyah yang animatif, interaktif dan imaginatif untuk anak TK sehingga dalam proses belajar mereka tidak mudah lelah dan bosan dan merubah teknik mengajar remaja karang taruna, bahwa mengajar tidak harus bersifat konvensional namun dapat juga disisipi dengan permainan serta memanfaatkan media teknologi modern seperti laptop dan media audio visual
Keywords: education game, aplication of hijaiyah letters, software engineering
- Anonim, Definisi dan Simbol Flowchart.pdf, staffsite.gunadarma.ac.id/rama/index.php?stateid=download, diunduh 2 Februari 2013
- Anonim, Multimedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia, diakses tanggal 19 Februari 2013
- Anonim, Protomulyoo, http://id.wikipedia.org/wiki/Protomulyo,_Kaliwungu_Selatan,_Kendal, diakses tanggal 20 Februari 2013
- Anonim, Pedoman Alih Aksara Arab ke Latin, http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_alih_aksara_Arab_ke_Latin, diakses 18 September 2013
- Anonim, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu, diakses 2 Juni 2013
- Anonim, Waterfall Model, http://en.wikipedia.org/wiki/Waterfall_model, diakses 2 Juni 2013
- Chandra, Beranimasi Ria dengan Flash MX, Maxikom, Palembang, 2003
- Elsaid, Fairuz ,Analisis Sistem Informasi – Pedoman Membuat Flowchart,http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diunduh 2 Agustus 2013
- Fairuz, Analisis Sistem Informasi Pedoman Membuat Flowchart, http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532, diakses 18 September 2013
- Fanani, Ahmad Zainul, Membuat Presentasi Multimedia Mengunakan Macromedia Flash Pro 8, Gramedia, Jakarta, 2007
- Ilmu TI dot com, Apa Macromedia Flash dan Sejarah Flash Itu, http://ilmuti.com/2011/10/18/apa-macromedia-flash-dan-sejarah-flash-itu/, diunduh 2 Juni 2013
- Kamus online, Definisi Transliterasi, http://www.artikata.com/arti-355022-transliterasi.html, diakses 18 September 2013
- Kementrian Agama dan Republik Indonesia, Peraturan dan Perundangan, http://lajnah.kemenag.go.id/profil/peraturan-dan-perundangan.html, diunduh 18 September 2013
- Maula (Masyarakat Universal Lintas Agama) Blog, Makna Huruf Hijaiyah, http://maulanusantara.wordpress.com/2010/05/05/makna-huruf-hijaiyah/, diunduh 5 Juni 2013
- Wijaya, Didik, Tip & Trik Macromedia Flash 5.0 dengan ActionScript, Elex Media, Jakarta, 2002
- Wikimap, http://wikimapia.org/5787092/id/Perum-Kaliwungu-indah, diakses tanggal 20 Juni 2013