PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BUDAYA BACA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

Fahrurrozi Fahrurrozi*  -  UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Pendampingan ini dilatarbelakangi oleh penellitian di Amerika Serikat, yang menunjukkan bahwa anak yang lamban membaca pada kelas awal, akan mengalami kegagalan yang semakin parah pada kelas-kelas berikutnya. Berdasarkan penelitian tersebut, maka pendamping berinisiatif untuk melakukan pendampingan pengembangan budaya baca siswa di salah satu madrasah binaan FITK UIN Walisongo, yaitu MTs Darul Ulum. Terdapat beberapa kegiatan pendampingan yang dilakukan untuk mengembangkan budaya baca, yaitu survey minat baca Siswa, MOU dengan Perpustakaan Daerah terkait penambahan koleksi buku, parenting tentang penumbuhan budaya baca anak, pelatihan pembelajaran berbasis literasi bagi guru, pelatihan jurnalistik bagi siswa, pendampingan terjadwal (rutin) pengembangan budaya baca berbasis masyarakat.

Keywords: pengembangan, budayabaca, MTs DarulUlum

  1. Darmiyati, Zuchdi. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Yogyakarta : UNY Press, 2007.
  2. Darmiyati,Zuchdi. 2007.StrategiMeningkatkanKemampuanMembaca.Yogyakarta : UNY Press.
  3. Hardiningtyas, Tri. 2012PeduliPerpustakaan, Surakarta: UNS Press.
  4. Hoy, Wayne K and Cecil G Miskel. 2008. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. USA:McGraw-Hill.
  5. Lunenburg, Fred C. and Allan C. Ornstein. 2004. Educational Administration: Concepts and Praktices Fourth Edition. USA:Thomson Wadsworth.
  6. Lunenburg, Fred C.. 2011. Organizational Culture-Performance Relationships: Views of Excellence and Theory Z dalam National Forum Of Educational Administration and Supervision Journal Volume 29, Number 4, 2011
  7. Mbulum Yoseph. 1992. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pendidikan : Majalah Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang. Edisi 1992.No.27 Th.XIX. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang.
  8. Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  9. Prasetyono, DwiSunaryo.2008. RahasiaMengajarkanGemarMembacaPadaAnakSejakDini, Yogyakarta: Think.
  10. Rachman, Abdullah. 1985. Minat Baca Murid Sekolah Dasar di Jawa Timur. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Malang : Depdikbud.
  11. Sardiman, 2010.InteraksidanMotivasiBelajarMengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
  12. Shahzad, Fakhar. 2012. Impact of Organizational Culture on Organizational Performance: An Overview dalam Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, January 2012, Vol 3, No 9
  13. Sun, Shili. 2008. Organizational Culture and Its Themes dalam International Journal of Business and Management December, 2008
  14. Sutarno NS. 2006. ManajemenPerpustakaan: SuatuPendekatanPraktis, Jakarta: SagungSeto.
  15. USAID Prioritas. 2014. Praktik yang Baik di Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (Modul 2
  16. Wicaksana,Galuh, BuatAnakmu Gila Membaca, Jokjakarta: BukuBiru.

Open Access Copyright (c) 2016 Fahrurrozi Fahrurrozi

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan
Institute for Research and Community Services (LP2M)
UIN Walisongo, Semarang, Indonesia
Jl. Walisongo No 3-5 Semarang 50185
Central Java, Indonesia
Website: https://lp2m.walisongo.ac.id/
Email: dimas@walisongo.ac.id

ISSN: 1411-9188 (Print)
ISSN: 2502-9428 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps