PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BUDAYA BACA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM

Fahrurrozi Fahrurrozi

Abstract


Pendampingan ini dilatarbelakangi oleh penellitian di Amerika Serikat, yang menunjukkan bahwa anak yang lamban membaca pada kelas awal, akan mengalami kegagalan yang semakin parah pada kelas-kelas berikutnya. Berdasarkan penelitian tersebut, maka pendamping berinisiatif untuk melakukan pendampingan pengembangan budaya baca siswa di salah satu madrasah binaan FITK UIN Walisongo, yaitu MTs Darul Ulum. Terdapat beberapa kegiatan pendampingan yang dilakukan untuk mengembangkan budaya baca, yaitu survey minat baca Siswa, MOU dengan Perpustakaan Daerah terkait penambahan koleksi buku, parenting tentang penumbuhan budaya baca anak, pelatihan pembelajaran berbasis literasi bagi guru, pelatihan jurnalistik bagi siswa, pendampingan terjadwal (rutin) pengembangan budaya baca berbasis masyarakat.

Keywords


pengembangan, budayabaca, MTs DarulUlum

Full Text:

PDF PDF

References


Darmiyati, Zuchdi. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Yogyakarta : UNY Press, 2007.

Darmiyati,Zuchdi. 2007.StrategiMeningkatkanKemampuanMembaca.Yogyakarta : UNY Press.

Hardiningtyas, Tri. 2012PeduliPerpustakaan, Surakarta: UNS Press.

Hoy, Wayne K and Cecil G Miskel. 2008. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. USA:McGraw-Hill.

Lunenburg, Fred C. and Allan C. Ornstein. 2004. Educational Administration: Concepts and Praktices Fourth Edition. USA:Thomson Wadsworth.

Lunenburg, Fred C.. 2011. Organizational Culture-Performance Relationships: Views of Excellence and Theory Z dalam National Forum Of Educational Administration and Supervision Journal Volume 29, Number 4, 2011

Mbulum Yoseph. 1992. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pendidikan : Majalah Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang. Edisi 1992.No.27 Th.XIX. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang.

Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prasetyono, DwiSunaryo.2008. RahasiaMengajarkanGemarMembacaPadaAnakSejakDini, Yogyakarta: Think.

Rachman, Abdullah. 1985. Minat Baca Murid Sekolah Dasar di Jawa Timur. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Malang : Depdikbud.

Sardiman, 2010.InteraksidanMotivasiBelajarMengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Shahzad, Fakhar. 2012. Impact of Organizational Culture on Organizational Performance: An Overview dalam Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, January 2012, Vol 3, No 9

Sun, Shili. 2008. Organizational Culture and Its Themes dalam International Journal of Business and Management December, 2008

Sutarno NS. 2006. ManajemenPerpustakaan: SuatuPendekatanPraktis, Jakarta: SagungSeto.

USAID Prioritas. 2014. Praktik yang Baik di Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (Modul 2

Wicaksana,Galuh, BuatAnakmu Gila Membaca, Jokjakarta: BukuBiru.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/dms.2015.152.748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Fahrurrozi Fahrurrozi