Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Baca panduan etika publikasi (Publication Ethics) terlebih dahulu.
  2. Unduh template di sini. Artikel harus ditulis menurut template yang sudah diberikan.
  3. Daftar akun baru (register) jika pengunjung baru atau masuk (log in) jika sudah memiliki akun sebelumnya.
  4. Submit artikel dengan klik pilihan [New Submission]. Kemudian ikuti langkah-langkah submission 1-5 yang diberikan.
  5. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa artikel yang anda submit telah sukses dikirim.
  6. Unggah Copyright Transfer Agreement (CTA) yang telah dilengkapi ke square@walisongo.ac.id. (Unduh CTA di sini)  
  7. Penulis akan mendapatkan notifikasi apakah artikel yang telah disubmit (1) diterima tanpa revisi, (2) diterima dengan revisi, atau (3) ditolak.
  8. Artikel yang perlu direvisi harus dikembalikan selambat-lambatnya 2 minggu setelah notifikasi pertama.
  9. Apabila artikel telah dinyatakan layak terbit, tim redaksi SQUARE akan mengirimkan Surat Pernyataan Layak Terbit.
  10. Biaya penerbitan adalah gratis. Untuk penulis yang menginginkan versi cetak akan dikenai biaya cetak dan ongkos kirim yang akan tim redaksi konfirmasikan sebelumnya.
  11. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi tautan berikut.

Panduan Penulisan Artikel

  1. Judul artikel ditulis dengan Times New Roman, Bold, 14pt, rata tengah, dan maksimal memuat 25 kata.
  2. Abstrak ditulis dalam dua bahasa: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis dengan Times New Roman, 10pt. Jarak antar baris 1 spasi. Abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara keseluruhan tidak melebihi satu halaman. Abstrak hanya terdiri atas 1 paragraf, yang memuat tujuan, research gap, metode penelitian, dan hasil penelitian secara spesifik, jelas, dan singkat. Pada bagian akhir abstrak, kata kunci ditulis dengan dipisahkan tanda koma. Pilih satu atau dua kata/frasa yang penting, spesifik, dan representatif dalam menggambarkan konten artikel secara umum.
  3. Setiap bagian pada badan artikel dipisahkan dengan judul bernomor serta dituliskan dalam ALLCAPS, Times New Roman, 12pt, dan rata tengah.
  4. Bagian tubuh artikel diawali dengan pendahuluan yang dimulai pada halaman baru setelah lembar abstrak. Bagian tubuh artikel ditulis dengan Times New Roman 12pt dengan jarak antar baris 1,15. Paragraf baru diawali dengan indent 1 cm dari margin kiri. Hindari pemotongan suku kata pada akhir baris ketikan. (Pemotongan suku kata dan penyusunan tata letak halaman akan dilakukan oleh copy-editor sebelum publikasi jika benar-benar diperlukan.)
  5. Bagian pendahuluan ini berisi tentang teori, hasil penelitian, atau masalah-masalah yang menjadi latar belakang pentingnya penelitian dilakukan. Pada bagian ini rumusan masalah dikaji dan diungkapkan serta diakhiri dengan tujuan penelitian.
  6. Hendaknya seluruh teori, data, hasil penelitian, atau masalah-masalah bersumber dari bahan atau pustaka dengan proporsi 10 tahun terakhir dan mengacu pustaka primer kecuali dalam kondisi-kondisi tertentu. Permasalahan dan tujuan ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf dan tidak perlu diberi sub judul khusus. Jika terdapat definisi operasional, apabila dirasa perlu, juga ditulis secara naratif.
  7. Bagian kedua berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen, dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang terkait dengan cara penelitiannya. Setiap bagian dapat memuat sub-bagian, dengan penomoran bertingkat menurut nomor bagian, contoh: 1.1, 1.2, 1.3, dst. Jika artikel memuat sub-sub-bagian, judul tidak diberi nomor, melainkan ditulis bold italic dan rata margin kiri.
  8. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas. Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data. Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas.
  9. Penulis diharapkan mengecek kesalahan pengejaan dan penulisan (typo), dimohon mengikuti EYD untuk kalimat berbahasa Indonesia, dan mengikuti tata bahasa Inggris yang benar untuk penulisan abstrak dalam bahasa Inggris.
  10. Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil atau perolehan penelitian dengan ukuran huruf 10pt. Judul tabel berada di atas tabel dan ditulis rata tengah dan semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Dalam hal judul terdiri lebih dari satu baris maka dituliskan dalam spasi tunggal. Garis-garis yang diperkenankan adalah garis vertikal yang memisahkan judul tabel (baris pertama tabel) dengan badan tabel. Dalam hal tertentu, penambahan beberapa garis vertikel boleh ditambahkan untuk meminimalisir keambiguan.
  11. Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar atau skema atau grafik atau diagram disajikan menurut aturan yang ada. Judul gambar disematkan di bawah gambar dengan ukuran 10pt. Dalam hal gambar berukuran kecil, gambar-gambar tersebut dapat disusun mendatar dari sebelah kiri dengan penomoran yang sesuai. Bila judul gambar lebih dari 1 baris, judul ditulis dalam spasi tunggal.
  12. Penomoran tabel dan gambar mengacu pada urutan munculnya tabel/gambar dimulai dari 1, 2, 3, dst.
  13. Semua persamaan/rumus harus ditampilkan dalam baris yang terpisah dari teks dan disematkan dalam tabel tanpa gari tepi. Rumus harus jelas dan diuraikan pada bagian teks. Rumus dapat diberi nomor pada bagian kanan dari setiap persamaan untuk mempermudah deskripsi. Seluruh persamaan ditulis dengan microsoft equation 3.0.
  14. Bagian akhir (Simpulan) berisi kesimpulan serta saran (bila diperlukan). Kesimpulan menggambarkan atau memberi jawaban atas permasalahan atau tujuan penelitian, dan bukan sebagai rangkuman hasil penelitian. Kesimpulan dibuat singkat, jelas, bersifat kualitatif dan umum, dan ditulis dalam paragraf. Sementara itu saran berisi rekomendasi kepada peneliti lain atau berbagai pihak terkait hasil penelitiannya, tentang hal-hal yang perlu dikerjakan pada penelitian selanjutnya, kelemahan atau kekurangan penelitian yang telah dikerjakan dan yang perlu dilengkapi atau disempurnakan pada tahap penelitian selanjutnya.
  15. Penyusunan Daftar Pustaka mengikuti standar APA (klik untuk panduan penulisan daftar pustaka sesuai standar APA) dan harus dilakukan secara baku dan konsisten. Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi Reference Manager, seperti Zotero, Mendeley, atau aplikasi berbayar yang lain. Ditulis dalam spasi tunggal, antardaftar pustaka diberi jarak 1 spasi.
  16. Daftar pustaka harus memuat setidaknya 12 sumber rujukan yang sebagian besar (>75%) berasal dari artikel jurnal dengan topik yang terkait dengan penelitian yang dikaji.
  17. Panduan lebih lanjut serta contoh penulisan artikel dapat diunduh pada tautan berikut.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses submission pada jurnal lain.
  2. Artikel telah ditulis dalam format .doc atau .docx.
  3. Artikel telah ditulis sesuai dengan template yang telah disediakan. (Klik di sini untuk unduh template.)
  4. Daftar pustaka ditulis dengan menggunakan pedoman APA, sesuai dengan persyaratan pada Author Guidelines.
  5. Saya bersedia naskah saya ditolak jika naskah yang saya kirimkan terindikasi adanya plagiarisme, manipulasi, dan pemalsuan data.
 

Copyright Notice

Hak cipta dari semua naskah yang masuk dan dipublikasikan oleh Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menjadi milik penulis. Jurusan Matematika UIN Walisongo Semarang selaku penerbit dari jurnal ini berhak mengerbitkan dan menyebarluaskan semua artikel di jurnal ini. Penulis diwajibkan mengisi lembar pernyataan keaslian tulisan (formulirnya dapat diunduh di sini) dan kemudian mengirimkan formulir yang telah diisi ke square@walisongo.ac.id.

 

Kebijakan Jurnal yang Menawarkan Open Access

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang mempublikasikan artikel di Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education setuju dengan ketentuan berikut.

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan iijin ke jurnal Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education untuk mempublikasikan karyanya yang berlisensi Creative Commons Attribution License sehingga memperbolehkan orang lain untuk menyebarluaskan karya ini dengan sebuah pengakuan ke pemilik karya ini dan publikasi awal di jurnal ini.
  2. Penulis diperbolehkan untuk mempublikasikan jurnal yang telah diterbitkan di repositori institusi atau mempublikasikannya di sebuah buku, dengan sebuah pengakuan bahwa publikasi yang pertama di jurnal ini.
  3. Penulis diijinkan dan diharapkan untuk meletakkan artikel secara online (misalnya di website institusi atau di website pribadi) sebelum dan selama proses pengajuan, karena hal ini bisa memberikan dampak sitasi yang lebih besar ke artikel yang akan dipublikasikan.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini secara khusus. Tidak akan digunakan untuk kepentingan tujuan lain atau untuk diberikan kepada pihak lain yang tidak terlibat.