Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa

Tahir Tahir, Marniati Marniati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswaantara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan kontruktivisme dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widdya.

Asra , Sumiati. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Cintia, Nitchen Irma dkk. 2018. penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal perspektif ilmu pendidikan, 31(1). 69-77.

Dimyati & Mudjiono. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendriana dan Soemarmo, 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kadir. 2015. Tatistik Terapan Konsep, Contoh dan Analisi Data dengan Program SPSS/Lsrel dalam Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mubarok, Chusni & Sulistyo Edy. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tekhnik Elektro. 3(1). 215-221.

Purwoto. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press.

Putri, Ihdi Shabrona, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(2). 91-94.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Siregar, Sofyan. 2015. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara: Jakarta.

Siswanto. 2017. Penilaian dan Pengukuran Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik. Klaten: Boss Script.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Satistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Walpole. E, Ronald. 2012. Probability & Statistics for Engineers & Scientists. United Statea: Pearson.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Alamat Redaksi: Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185

Email: square@walisongo.ac.id