Penerapan Strategi Brain-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Suci Lupita Sari*  -  Universitas Ivet, Indonesia
Destia Wahyu Hidayati  -  Universitas Ivet, Indonesia
Arie Wahyuni  -  Universitas Ivet, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan strategi Brain-Based Learning berbantuan Geogebra lebih dari KKM (70) dan untuk mengetahui rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan strategi Brain-Based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi dari kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan cara  konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan strategi Brain-Based Learning berbantuan Geogebra lebih dari 70 serta ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Brain-Based Learning Berbantuan Geogebra.

Kata Kunci : Brain-Based Learning, Geogebra, Kemampuan Berfikir Kreatif 
  1. Hidayati, D.W., & Kurniati, L. 2018. The Influence Of Self Regulate Learning To Mathematics Critical Thinking Ability On 3D-Shapes Geometry Learning Using Geogebra. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1). http://e journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/2965
  2. Isman M. Nur. 2016. Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1) http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/viewFile/236/188
  3. Kusumah, Y.S, 2003. Desain dan Pengembanagan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah terdapat Pada Seminar Proceding National Seminar on Science and Math Education. Seminar diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung bekerja sama dengan JICA
  4. Lestari, K.E. 2014. Implementasi Braind Brain Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berfikir serta motivasi belajar siswa SMP. Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA), 2(1)
  5. Nur, I.R.D. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Da’n Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain-Based Learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1) https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/234
  6. Putra, H. D & Purwasih, R. 2015. Meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan mahasiswa melalui project Based Learning. Jurnal ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, No. 2(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/12473/7947
  7. Rakhmad, J. 2005. Belajar Cerdas: Belajar berbasis otak. Bandung: mizan Learning Center (MLC)
  8. Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non- eksakta, Bandung: Tarsito
  9. Wahyuni, A., & Kurniawan, P. 2018. Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teori Dan Terapan Matematika. 17(2). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4114

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps