Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ahmad Aunur Rohman, M. Ismail, Emy Siswanah

Abstract


Terdapat keterbatasan sumber belajar siswa dan sarana pembelajaran yang terdapat di SMP Negeri 1 Kendal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran matematika SMP berbasis android berorientasi UoS pada materi lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan nilai pretest terendah yaitu kelas VIII G sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Matematika SMP berbasis android berorientasi UoS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bustomi, A.Y. 2010. Aplikasi Pembelajaran Panca Indera Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematika. 3(1).

Fathani, A.H. 2014. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Fatimah, S. dan Mufti, Y. Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia. 10(1).

Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: Rajagrafindo Persada.

Alfarizi, M.K. 2019. Survei Kepemilikan Smartphone, Indonesia Peringkat ke-24. Diakses di https://tempo.co/read/1181645/survei-kepemilikan-smartphone-indonesia-peringkat-ke-24 tanggal 9 April 2019

Kustandi, C. dan Sutjipto, B. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Lubis, I.R. dan Ikhsan, J. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(2).

Mayer, R.E dan Moreno, R. 2002. Animation as an Aid to Multimedia Learning. Educational Psychology Review. 14(1).

Neolaka, A. dan Neolaka, G.A.A. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.

Pitadjeng. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yoyakarta: Graha Ilmu.

Prawiradilaga, D.S. 2016. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rusuli, I dan Fuady, Z. Ilmu Pengetahuan Dari John Locke ke Al-Attas. Junal Pencerahan 9(1): 14.

Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jaakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supena, I. 2014. Paradima Unity of Science IAIN Walisongo Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu. Laporan Penelitian Individu. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.

Syafri, F.S. Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosydakarya Offset.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Widoyoko, E.P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Alamat Redaksi: Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185

Email: square@walisongo.ac.id