Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1

Erika Muninggar Safitri, Yunita Sari, Rida Fironika Kusuma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; (2) Aapakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1; dan (3) apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Hasil perhitungan hipotesis I menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti model problem based learning berpengruh terhadap sikap mandiri siswa. Hipotesis II menggunakan rumus independent sample t test nilai perhitungan menggunakan SPSS 16 dengan nilai signifikansi pada kolom sig.(2-tailed) sebesar 0,000 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan hipotesis III menggunakan uji manova menunjukkan bahwa hasil analisis untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace,Roy's Largest Root semuanya menunjukkan nilai sebesar 0,000 karena signifikansi kurang dari 0,05 berarti ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap sikap mandiri dan kemampuan komunikasi matematika siswa siswa kelas V SD Negeri Bakalrejo 1.


Full Text:

PDF

References


Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok.Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu,7(1).

Sugiyono. (2015). Metode Peneltian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, E. T. (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus III Temon. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke IV Agustus 2015.

Nuridawani, Munzir, S., & Saiman. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59-71.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erika Muninggar Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education by Mathematics Department UIN Walisongo Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi: Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185

Email: square@walisongo.ac.id