Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa

Nanda Septiyati*  -  Universitas Ivet, Indonesia
Ratih Kusumawati  -  Universitas Ivet, Indonesia
Lenny Kurniati  -  Universitas Ivet, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa dengan penerapan metode Gallery Walk dan pembelajaran konvensional, serta meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa pada kelompok yang menggunakan metode Gallery Walk. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dawe. Sampel yang diambil adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa pada kelompok yang menggunakan metode Gallery Walk lebih tinggi dari rata-rata nilai yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis pada kelompok yang menggunakan metode Gallery Walk.

Kata kunci : Gallery Walk, berpikir kreatif, komunikasi matematis 
  1. Darkasyi, M. dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika.
  2. Hendriana,H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). HardSkill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
  3. Nugrohorini. S.G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran tidak Langsung dengan Resitasi. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Nurhayati, R.M. (2013). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Penjumlahan Pecahan Menggunakan Pendekatan PAIKEM Siswa Kelas V SDN 228. Artikel Ilmiah.
  5. Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25.
  6. Putra, R.M., Nuraida, N., & Srimulyati, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran GalleryWalk Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas X SMK Negeri 2 Langsa. Al-Kindi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika (JIMPMA), 1(1), 1-7.
  7. Rois, U. R. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Skripsi S-1. Universitas Negeri Gorontalo.
  8. Silberman, Melvin L. (2010). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
  9. Utami, W. N., Waluya, S. B., & Mashuri, M. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Gallery Walk Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education. Universitas Negeri Semarang.
  10. Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018) . Hubungan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mahasiswa. Matematika, 17(2).
  11. Tilaar, H.A.R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Enterpreneurship. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Open Access Copyright (c) 2019 Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
Published by Mathematic and Mathematic Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: square@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-609X (Print)
ISSN: 2714-5506 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps